MULA X VELODRAMMA Everlasting Ride 2022 City Rally : Keliling Berpancal di Aspal Kota

City rally biasanya lekat dengan acara otomotif yang marak sekitar tahun 90-an sampai 2000-an. Seiring semakin padatnya lalu lintas perkotaan, acara seru ini semakin sepi penyelenggaraan. Maklum, seliweran kendaraan harian saja sudah cukup memusingkan, apalagi kalau ditambah acara yang melibatkan mobil-mobil yang banyak berhenti di check point sambil memacu kecepatan mengejar waktu.

Tapi bagaimana kalau city rally dikemas dengan bersepeda? Should be less troubles, shouldn’t it? Ide itulah yang mengawali terjadinya event ini. Meski bukan satu-satunya, tapi belum banyak event bersepeda berkonsep city rally. Konsep yang dirasa sesuai pula dijadikan aktivasi brand MULA dari Hexjuice. Berkolaborasi dengan Velo Dramma – sebuah zine yang mengangkat kultur bersepeda – konsep dan konten mulai digodok pada Oktober 2022.

Berdasarkan sifatnya, ada tiga tipe event bersepeda yang biasa digelar oleh genre sepeda tertentu: event kompetitif (misalnya race atau perebutan king of mountain), event self-support yang menetapkan cut-off time (misalnya AUDAX), dan event fun ride (biasanya bersama komunitas). Sifat event terakhir dirasa paling cocok diterapkan di acara city rally ini.

Orat-Oret Everlasting Ride

City rally membutuhkan kerjasama tim. Bukan melulu melibatkan kecepatan, melainkan juga ketepatan menyelesaikan tugas dan mengumpulkan poin sebanyak mungkin melalui strategi tim yang matang. Tantangan ini membutuhkan navigasi, kecerdasan dan kreativitas serta kekuatan dan daya tahan. Fun tentu saja menjadi prioritas utama karena peserta akan menemukan perspektif baru dalam mengatasi soal dan menyelesaikan teka-teki rumit.

City rally dapat menguak sejarah dan budaya sebuah kota. Selain membantu peserta “menemukan kembali” kotanya melalui berbagai soal yang memaksa mereka menemukan tempat-tempat yang mungkin sebelumnya tidak dikenal atau luput dari perhatian, juga mendorong mereka menjelajahi kota dengan cara yang berbeda. Eksplorasi landmark heritage di Bandung lalu disepakati sebagai tema utama.

Kolaborasi antara MULA dengan Velo Dramma memantapkan tanggal 10 Desember 2022 sebagai hari penyelenggaraan event yang diberi nama Everlasting Ride City Rally. Acara yang terbuka untuk berbagai komunitas sepeda maupun non-komunitas – dan gratis ini mematok kuota 50 tim yang masing-masing terdiri dari 3 orang.

Setiap tim mendapatkan perlengkapan race pack yang terdiri dari t-shirt untuk setiap peserta, disposable raincoat, nomor sepeda, dan control card untuk dibubuhi cap di setiap check point. Selain itu masih ada hand satizer dan support air minum. “Wah baru dapat race pack yang sampai berat begini isinya,” begitu kata salah satu peserta.

Happy Tricky Day!

Sabtu pagi 10 Desember 2022 terlihat rombongan-rombongan kecil pesepeda dengan t-shirt merah menyemut di sekitar Jalan Cilaki, Bandung. Menurut soal di Instagram @velodramma dan @mulabyhex titik start city rally bermula dari salah satu tempat di daerah itu. Inilah uniknya soal-soal dalam Everlasting Ride City Rally ini.

Soal hanya akan diberitahukan melalui socmed secara parsial di hari-H. Termasuk titik start dan finish yang misterius. Ditambah lagi tidak semua soal terang dan jelas, kebanyakan membutuhkan effort lebih karena berbentuk teka-teki, foto bangunan jadul dari beberapa dekade lalu, tes kekompakan dan kreativitas di check point, bahkan soal tulip yang memaksa peserta mengingat kembali makna simbol-simbol masa Pramuka.

Alhasil banyak cerita seru dari peserta, dari mulai yang lucu sampai yang memprihatinkan. Ada tim yang malah belanja di check point di tengah pedagang kaki lima. Atau tim yang tidak percaya diri dengan jalurnya, malah mengikuti jalur tim lain dengan kode soal berbeda. Ada pula tim yang nyasar jauh karena salah mengartikan soal, sehingga mereka membukukan jarak tempuh total 40 KM. Dua kali lipat dari jarak rute yang seharusnya.

And The Winner Goes To…

Cut-off time (COT) yang ditentukan 3 jam berhasil mengumpulkan satu per satu tim peserta di titik finish Laswee Creative Space. MULA sudah siap dengan berbagai games seru untuk mengisi waktu sementara Velo Dramma melakukan penjurian. Ditemani refreshment dan jajanan khas Bandung, para peserta antusias mengikuti games cup challenge, slow race, last man standing, dan balloon dart challenge. Ratusan hadiah dari MULA dan para sponsor berhamburan hari itu.

Siang harinya tiba saat pengumuman pemenang. Karena FUN menjadi unsur penting dari acara ini, maka kategori pemenang pun dibuat fun. Skor tertinggi dianugerahkan pada 3 tim dengan nilai tinggi secara kecepatan maupun ketepatan menjawab tantangan. Tim dengan catatan waktu tercepat dan terlambat juga tak ketinggalan diganjar hadiah. Para pemenang check point adalah tim terlucu, tim pujangga, tim penyanyi dan tim terjauh (yang nyasar sampai 40 KM tadi, red).

Satu per satu hadiah diserahkan berupa uang tunai pecahan limaribuan sesuai nominal tiap kategori, dan tentunya hadiah-hadiah keren dari sponsor. Terima kasih untuk para sponsor Pala Nusantara, SCH, RCKMN, Maternal, Screamous, Warung Imah Babaturan, Capslock, Urbncase, DOSE, SoultripID, Holiday, JRS Jersey, Cyclistgeek, SANLEX, air minum Al Masoem dan Knog yang telah mendukung keriaan di Everlasting Ride City Rally 2022.

Intip keseruan Everlasting Ride di bawah ini!

Sampai ketemu lagi di Everlasting Ride 2023!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.