DOSE LITE: Having Fun with Sunday Lite Run

Masih ingat #pertemanansehat? Gerakan yang muncul sejak 10 tahun terakhir ini tidak saja berhasil memotivasi orang-orang untuk lebih memperhatikan gaya hidup sehat melalui olahraga, tapi juga mendorong terbentuknya circle-circle olahraga yang kemudian membentuk komunitas. Ada komunitas lari, sepeda, parkour, yoga, boot camp, sampai triathlon pun ada. Hebatnya, ini bukan gerakan musiman, terbukti dari konstannya para komunitas ini dengan berbagai programnya. Bahkan jumlah komunitas olahraga pun terus bertambah terutama di perkotaan.

Bandung termasuk kota yang memiliki pertumbuhan komunitas olahraga yang menjamur. Salah satu yang terlama dan terkuat adalah komunitas lari. Ratusan komunitas lari akan terlihat di berbagai sudut kota, lari bersama terutama di akhir pekan. Beberapa malah sudah memiliki program rutin lengkap dengan kepengurusannya. 

Hexjuice menangkap fenomena ini dan ingin turut ambil bagian memfasilitasi gerakan yang positif ini. Melalui salah satu lini produknya – DOSE Lite – berkolaborasi dengan salah satu komunitas lari yaitu Freerunner, DOSE Lite menginisiasi sebuah acara bersama berbagai komunitas lari di Bandung bertajuk Sunday Lite Run pada pagi 9 Oktober 2022 lalu. Sunday Lite Run juga sekaligus menjadi bagian dari rangkaian ulang tahun Freerunners yang ke-5.

Cross-Community, Maximum Fun!

salah satu komunitas lari yang mengikuti

Dengan mengundang 11 komunitas lari di Bandung dan terbuka juga untuk non-komunitas, Sunday Lite Run diikuti total sekitar 300 orang. Rute ringan 7 K (kilometer, red) melalui beberapa jalan protokol mengambil titik start dan finish di Laswee Creative Space. Peserta berkumpul sejak jam 5.30 WIB, acara diawali dengan registrasi lalu warming up bersama. Jam 6.30 WIB peserta dibagi dalam 2 kloter keberangkatan. Semuanya melalui jalur yang sama.

Sunday Lite Run bukan hanya sebatas lari bersama. Uniknya, setiap peserta yang dibagikan jersey lari sebagai tanda keikutsertaan diharuskan membawa serta balon gas yang digantung di jersey mereka selama berlari dari mulai start sampai finish. Balon sudah diisi kupon door prize yang bisa ditukar dengan hadiah di titik finish. Para peserta harus menjaga agar balon itu tidak meletus sebelum sampai di finish. 

peserta melakukan pemanasan sebelum lari

Biar tambah seru, di sepanjang jalur yang dilalui DOSE Lite menempatkan 3 titik Tap The Lite, dimana di setiap titiknya peserta harus melompat untuk menyentuh logo yang digantung untuk mendapatkan voucher undian berhadiah produk dari sponsor. 1 titik Water Station yang disupport AMC Water ditempatkan di pertengahan jalur agar peserta yang kehausan bisa me-recharge energinya sebelum melanjutkan perjalanan. 

Karena termasuk rute pendek, jam 08.00 WIB seluruh peserta sudah berkumpul kembali di finish point Laswee Creative Space. Medali ala Finisher dibagikan untuk setiap peserta yang sampai di finish. Sambil menyantap refreshment buah dan infused water, acara dilanjutkan dengan talkshow dan berbagai games seru.

Banjir Hadiah, Tambah Sumringah

Peserta mendapatkan doorprize

Sesi talkshow menghadirkan obrolan seputar komunitas lari di Bandung bersama perwakilan dari Freerunners dan Strongmanis. Ada juga sekilas edukasi tentang daur ulang sampah plastik dari Palstavall. 

Selanjutnya yang dinantikan adalah pembagian door prize di dalam balon. Secara berbarengan, seluruh peserta memecahkan balon yang sudah mereka jaga sepenuh hati selama berlari. Berbagai hadiah menarik yang sudah disiapkan pun dibagikan sesuai nomor door prize. Bisa dibilang, hampir semua peserta hari itu pulang dengan membawa hadiah, saking banyaknya hadiah dari para sponsor.

peserta sedang bermain baloon dart

Sesi games tentu tak kalah seru. Games beregu ini ada dua, yaitu Vertical Jump dan Baloon Dart. Setiap komunitas berhak mengirimkan perwakilannya. Vertical jump tentulah yang diutus adalah mereka yang sekiranya bisa melompat cukup tinggi untuk menempelkan stiker di bar hadiah yang diinginkan. Makin tinggi barnya, makin mahal juga hadiahnya.

Baloon Dart lebih seru lagi. Perwakilan komunitas diharuskan melemparkan jarum dart ke papan penuh balon berisi kertas hadiah yang ada beberapa meter di depannya. Tentu saja sesi ini memancing tawa karena tak sedikit peserta yang meleset menembak balon, atau hilang keseimbangan ketika melempar jarum. Ditambah dengan teriakan-teriakan menyemangati, sorakan ketika balon berhasil pecah, atau seruan kecewa sambil tertawa ketika jarum meleset dari balon.

Wajah-wajah lelah tapi senang dan bugar memenuhi area Laswee Creative Space hingga acara berakhir pada sekitar jam 11.00 WIB. Hari ini jadi pemandangan yang sungguh membahagiakan. Apalagi ditambah dengan interaksi antar komunitas yang disatukan oleh kesamaan hobi olahraga yang sama, yaitu lari. 

Sunday Lite Run tentu tak akan terjadi tanpa para komunitas dan partner sponsor yang telah mendukung acara ini. Terima kasih untuk komunitas lari Freerunners, Strongmanis, Riot Bandung, Sobat Sabtu, Indorunners Bandung, Fakerunners, Woman Strength, Kece Run, Saba Run, Running Mate, PMS Run, dan Roolics. 

Terima kasih juga untuk para partner sponsor dengan berbagai hadiahnya yang keren-keren. FILA, AMC Water, Jersey LARI, Sunday Shade, Biznet, CKS, Staycool Socks, Indeks Coffee, 910 Shoes, dan Bodypack.

Mari berlari hari minggu pagi lagi di Sunday Lite Run 2023!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.