7 Musisi Indonesia yang Go Internasional, Mana Idolamu?

musisi lokal yang sedang konser di atas panggung

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Ada banyak musisi tanah air yang mampu menembus panggung musik internasional dengan kemampuan yang dimilikinya. Talenta muda negeri ini rupanya juga bisa berjaya di luar negeri. Memangnya siapa saja sih musisi Indonesia yang go internasional? 

Beberapa nama yang akan diulas pada artikel ini bisa jadi sudah kamu kenal lebih dulu atau mungkin ada yang belum kamu kenali. Semuanya merupakan musisi berbakat yang memiliki karya-karya terbaik yang layak mendapatkan tempat di hati para penikmat musik. Kira-kira adakah idolamu dalam daftar di bawah ini? Simak ulasan lengkapnya ya!

Musisi Indonesia yang Go Internasional

1. Agnez Mo

Siapa yang tidak kenal dengan Agnez Mo? Dia merupakan salah satu musisi Indonesia yang go internasional yang sudah sejak kecil berkarier sebagai penyanyi. Pemilik nama lengkap Agnes Monica Muljoto mengawali debutnya di industri musik sebagai penyanyi cilik. Agnez Mo memiliki  tiga album, yaitu Si Meong (1992), Yess! (1995), dan Bala Bala (1996). Album keduanya bahkan pernah mendapat penghargaan sebagai “Album Anak-Anak Terbaik” pada tahun 1999 silam.

Setelah melewati masa anak-anak, Agnez Mo lalu merilis album pertamanya pada 2003 silam sebagai penyanyi dewasa yang diberi tajuk And the Story Goes yang digarap musisi kenamaan Melly Goeslaw. Albumnya mampu terjual sampai 35.000 kopi yang kala itu membuat dirinya mendapatkan predikat Diva Muda Indonesia 

Setelah merilis beberapa album di Indonesia, musisi yang lahir pada 1 Juli 1986 ini memutuskan untuk menetap di Los Angeles, Amerika Serikat pada 2016 untuk menekuni karier bermusiknya di sana dan untuk memuluskan jalannya di panggung internasional. 

Agnez Mo merupakan musisi yang mampu meraih penghargaan terbanyak dalam sejarah musik Indonesia dengan menyabet lebih dari 190 penghargaan. Tercatat dia juga pernah menggelar konser tunggal di Malaysia pada tahun 2007, tampil dan mendapat penghargaan di Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan.

Selain itu, Agnez Mo juga pernah berkolaborasi dengan musisi papan atas dunia, di antaranya Keith Martin, Chris Brown, T.I, hingga Timbaland. 

2. Dita Karang - Secret Number

Nama Dita Karang sempat jadi bahan perbincangan lantaran dia jadi perempuan Indonesia yang berhasil debut menjadi K-Pop idol dengan grup bernama Secret Number. Pada 2020 lalu, Dita Karang resmi bergabung bersama girl grup yang berada di bawah naungan Vine Entertainment. 

Pemilik nama lengkap Anak Agung Puspa Aditya Karang ini merupakan keturunan Bali. Dia rupanya sudah tertarik dengan dance sejak masih kecil. Ia gemar menari tradisional, seperti  tari Jawa, Bali, Ballroom, hingga Balet. Setelah dirinya lulus SMA, dIta Karang mengasah kemampuannya dengan bersekolah di American and Dramatic Academy, New York, Amerika Serikat.

Dita pernah melamar di berbagai agensi drama musikal tapi belum lolos untuk bisa bergabung. Ia juga pernah mengikuti audisi idol group terkenal di Indonesia yaitu JKT48. Namun, Dita juga harus berlapang dada karena lagi-lagi tidak lolos. Meski begitu, berkat kegigihannya Dita kini bisa berkarier di panggung musik internasional karena berhasil debut bersama Secret Number di Korea Selatan. 

3. Dougy Mandagi

Musisi Indonesia yang go internasional lainnya yaitu Dougy Mandagi. Pria yang bernama lengkap Abby Rai Chrisna Mandagi merupakan keturunan pahlawan Arie Lasut dari Bitung, Sulawesi Utara. Dia sempat tinggal di berbagai negara, seperti Hawaii dan Australia. Hingga akhirnya pada 2005, Dougy membuat sebuah band bergenre rock-alternatif bernama The Temper Trap bersama tiga orang temannya. Mereka kemudian memulai debutnya pada 2009 di Inggris. 

Bersama The Temper Trap, Dougy kemudian merilis debut album yang diberi judul Conditions yang memiliki 10 lagu di dalamnya. Lagunya yang berjudul Sweet Disposition lah yang kemudian membuat nama The Temper Trap menjadi populer di kalangan para pendengar musik kala itu. Sampai akhirnya membuat namanya dikenal sebagai musisi Indonesia yang sukses go internasional. 

Hingga saat ini, The Temper Trap sudah merilis beberapa album, yang meliputi Conditions (2009), The Temper Trap EP (2006), dan Thick as Thieves (2016). The Temper Trap dikonfirmasi akan bermain di salah satu festival musik di Indonesia bertajuk Lalala Fest pada Agustus 2024 mendatang. 

4. NIKI

Siapa yang tidak kenal NIKI? Dia menjadi salah satu musisi Indonesia yang go internasional dan paling sukses. Bagaimana tidak, di usianya yang masih seperempat abad ini, NIKI sukses merilis karya musik yang digemari banyak anak muda, bahkan pencinta musik di berbagai dunia. 

Musisi bernama lengkap Nikola Zefanya ini mulai dikenal masyarakat sejak merilis single berjudul See U Never pada tahun 2017 lalu. Singkat cerita dia juga pernah tampil sebagai opening act di The Red Tour Taylor Swift di Jakarta pada 2014 silam. 

Kini NIKI tergabung dalam lavel 88rising bersama beberapa musisi Indonesia lainnya, salah satunya Rich Brian. Adapun beberapa hits single miliknya yang membuat namanya semakin melambung, di antaranya  Backburner, Every Summer Time, Lowkey, California, Drive On, Plot Twist, Around, Spell, dan lain-lain.

5. Rich Brian

Selain NIKI, Rich Brian juga termasuk musisi Indonesia yang go internasional yang cukup sukses di luar negeri. Pria bernama lengkap Brian Imanuel Soewarno mulai melejit namanya sejak ia merilis single berjudul Dat $tict pada Mei 2016. Bersama NIKI, dia juga bergabung dengan label 88rising. 

Nama Rich Brian juga tercatat sempat melakukan kolaborasi dengan beberapa musisi kenamaan, sebut saja  Zhu, Skrillex, hingga THEY. Pada 2017 lalu, Rich Brian sukses menggelar konser pertamanya di Los Angeles, Amerika Serikat yang ditonton oleh ribuan orang. Selain itu, pada 207 dia juga berhasil meraih penghargaan sebagai Breakthrough Artist of The Year di Indonesian Choice Award. 

6. Zayyan - XODIAC

Setelah Dita Karang, rupanya ada lagi warga Indonesia yang berhasil debut di Korea Selatan. Adalah Zayyan yang kini bergabung bersama boy group bernama XODIAC. Pemilik nama lengkap Muhammad Rafiki Fahri Zayyan ini debut bersama XODIAC di bawah agensi One Cool Jasco Entertainment.

Pria kelahiran Tangerang, pada 23 Februari 2000. Ia berhasil menjadi salah satu musisi Indonesia yang go internasional dan berhasil debut bersama K-Pop group. Sebelum bergabung bersama XODIAC, Zayyan sempat mengikuti ajang pencarian bakat yaitu Rising Star Indonesia 2018. Hanya saja ia tidak lolos ke babak selanjutnya. Tidak patah semangat, Zayyan lalu ikut audisi Indonesian Idol musim 10 pada 2019 lalu dan hanya mampu bertahan sampai babak Eliminasi 3.

Meski begitu, Zayyan tetap melanjutkan karier bermusiknya dengan membuat kanal YouTube pada 2020. Ia mulai mengcover lagu-lagu yang tengah populer dan membuat masyarakat mulai mengenali keberadaannya. Kini Zayyan melanjutkan karier bermusiknya bersama member XODIAC lainnya, yakni Lex, Hyunsik, Beomsoo, Gyumin, Wain, Sing, Davin, dan Leo.

7. Voice of Baceprot

Voice of Baceprot merupakan trio beranggotakan tiga orang perempuan berhijab yang dibentuk saat ketiga membernya masih duduk di bangku madrasah. Mereka adalah Firda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass), dan Eusi Siti Aisyah (drum) yang membentuk grup ini pada 2014. 

Sebelumnya mereka menamakan diri dengan Baceprot, yang dalam bahasa Sunda memiliki arti berisik atau bawel. Hal ini lah yang kemudian direpresentasikan menjadi serupa dengan musik yang mereka mainkan.

Pada tahun 2021, Voice of Baceprot sempat menjalankan tur Eropa yang bertajuk Fight Dream Believe. Beberapa negara yang mereka singgahi di antaranya  Belanda, Perancis, Swiss, dan Belgia. Lalu, mereka juga kembali menjalankan Retas: American Tour 2023 yang digelar di 11 negara di Amerika. 

Berkat kiprahnya yang membanggakan, Voice of Baceprot berhasil menyabet penghargaan sebagai Duo/Grup/Kolaborasi Rock Terbaik dengan nominasi ‘God Allow Me (Please) to Play Music’ di Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2022.

Itulah ketujuh nama musisi Indonesia yang go internasional yang berasal dari lintas usia dan genre. Ada salah satunya yang merupakan idola kamu, vapers? 

Jika nanti beberapa di antaranya menggelar tur di Indonesia, persiapkan dirimu untuk menontonnya ya.  Nah, nonton pertunjukan musik akan lebih asyik jika kamu menggunakan vape. Sebab, penggunaan rokok biasanya dilarang di beberapa acara musik. Hexjuice sendiri menyediakan berbagai device dengan pilihan variasi liquid yang bisa dibawa ke acara musik. Info lebih lanjut terkait produk-produknya bisa kamu cek di bawah ini ya!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.