7 Tips Mengelola THR Supaya Tidak Habis Percuma

tips mengelola thr agar terpakai dengan benar

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Setiap tahunnya, Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu hal yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. THR merupakan tambahan penghasilan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan menjelang hari raya, contohnya saat momen jelang Idul Fitri seperti sekarang ini. Nah, agar bisa dimanfaatkan dengan baik, ini beberapa tips mengelola THR secara bijak yang bisa kamu lakukan. Simak selengkapnya di bawah ini!

Tips Mengelola THR

1. Buat Rencana Anggaran

Sebelum kamu mulai menggunakan THR, buatlah rencana anggaran yang jelas untuk memastikan dana tersebut digunakan secara efisien. Tentukan alokasi mulai dari untuk kebutuhan pokok, hiburan, tabungan, dan lain-lain. Dengan memiliki rencana anggaran yang baik, kamu dapat menghindari pemborosan dan memastikan bahwa setiap rupiah dapat dimanfaatkan dengan bijak.

2. Utamakan Kebutuhan Pokok

Tips mengelola THR selanjutnya adalah saat membaginya utamakan dulu kebutuhan pokok, seperti makanan, sandang, dan papan. Pastikan kamu mempunyai cukup dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebelum mengalokasikan dana untuk hal-hal lainnya. Hal ini akan membantu kamu dalam menghindari kekurangan dan memastikan stabilitas keuangan dalam jangka panjang.

3. Bayar Utang atau Cicilan

Apabila kamu mempunyai utang atau cicilan yang harus dibayar, pertimbangkan untuk menggunakan sebagian atau seluruh THR kamu untuk melunasi hutang tersebut. Dengan membayar utang atau cicilan lebih awal, kamu akan terhindar dari biaya tambahan, seperti bunga atau denda keterlambatan pembayaran. Hidup tentunya akan lebih tenang jika tanpa utang, bukan? Tips mengelola THR yang satu ini tidak boleh kamu abaikan.

4. Simpanlah Sebagian untuk Dana Darurat

Penting sekali untuk memiliki dana darurat yang cukup untuk mengatasi keadaan darurat atau kejadian tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, kebutuhan medis mendesak, atau mungkin kehilangan barang. Gunakan sebagian dari THR kamu untuk membangun atau memperkuat tabungan darurat agar nantinya lebih siap menghadapi hal yang akan terjadi di masa depan.

5. Berinvestasi untuk Masa Depan

Kalau kamu mempunyai sisa dana setelah memenuhi kebutuhan pokok dan membayar utang, pertimbangkan berinvestasi untuk masa depan. Kamu bisa memilih berbagai jenis instrumen investasi, mulai dari deposito, reksa dana, hingga investasi properti. Tapi, tetap sesuaikan juga dengan profil risiko dan tujuan keuangan kamu ya!

6. Berikan Sedekah atau Sumbangan

Memberikan sedekah atau sumbangan bagi mereka yang membutuhkan merupakan salah satu cara untuk berbagi rezeki dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat. Gunakan sebagian dari THR kamu untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung. Berikanlah dampak positif bagi mereka yang membutuhkan yang berasal dari sebagian rezeki kamu.

7. Hindari Pembelian yang Tidak Perlu

Tips mengelola THR yang terakhir, hindari godaan menghabiskan THR untuk pembelian yang tidak perlu atau konsumtif. Sebisa mungkin, pertimbangkan kembali setiap pembelian dan tanyakan apakah itu benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan sesaat saja. Dengan mengendalikan pengeluaran dirasa akan membantu kamu dalam menghemat THR dan memanfaatkannya untuk hal lain yang lebih bijak.

Itu dia tips mengelola THR yang mungkin bisa kamu praktekkan sebelum dananya habis untuk hal-hal yang tidak perlu. Namun, kalau kamu terpikir untuk membeli device vape atau e-liquid baru dan dananya masih ada, produk-produk dari Hexjuice bisa kamu jadikan opsi loh. Harganya yang affordable tentu tidak akan mengganggu cashflow dan kamu bisa tetap berhemat.

Ada banyak varian e-liquid dengan berbagai macam rasa yang bisa kamu coba. Tidak ada salahnya kok menggunakan THR untuk kebutuhan tambahan, asalkan kebutuhan pokok lainnya sudah terpenuhi. Informasi lebih lanjut terkait Hexjuice biss kamu cek di sini ya, vapers!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.