Kupas Tuntas Apa itu Coil Vape, Yuk Simak!

coil vape adalah salah satu komponen penting pada device vaping

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Dalam dunia vaping, coil vape memainkan peran penting. Namun, apakah vapers sudah mengetahui apa itu coil? Mungkin sebagian dari vapers yang masih pemula belum begitu mengerti. Nah, pada artikel ini akan dibahas terkait coil vape, kegunaan, jenis-jenisnya, hingga cara merawatnya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Coil Vape

dalam konteks vaping? Secara sederhana, coil berfungsi sebagai penghubung antara baterai vape dan atomizer. Lebih dari itu, coil juga berperan untuk mengatur proses pembakaran liquid vape.

Peran coil yang krusial menjadikannya faktor utama dalam pengalaman merokok elektrik. Pengaturan coil pada atomizer pun mempunyai efek langsung terhadap rasa yang akan dirasakan saat melakukan vaping. Jika ada sensasi gosong atau terbakar, maka kemungkinan besar coil membutuhkan penyetelan ulang atau bahkan harus dilakukan penggantian.

Mengapa Coil Vape Penting?

Coil vape yang sudah digunakan dalam waktu yang lama, maka perlu dilakukan penggantian. Adapun frekuensi penggunaan juga bisa dikatakan mempengaruhi waktu penggantiannya. Pada umumnya, coil vape bisa bertahan sampai 14 hari atau bahkan lebih, tergantung bagaimana cara penggunaannya itu sendiri dalam sehari-hari.
Oleh karena itu, penting sekali bagi vapers untuk selalu memantau kondisi coil vape, karena hal tersebut bisa mempengaruhi rasa pada vape itu sendiri. Kalau vape terasa pahit, padahal e-liquid yang dipakai bercita rasa manis, itu artinya coil sudah harus dibersihkan. Jadi, mulai sekarang kenali hal ini ya, vapers!

Jenis-Jenis Kawat Coil Vape

1. Kawat Kanthal

Kawat Kanthal merupakan jenis kawat coil yang paling umum dipakai oleh kebanyakan vapers. Kawat jenis ini bisa dibilang tahan terhadap panas dan mempunyai resistansi yang stabil. Kawat kanthal sangat cocok digunakan baik oleh yang masih pemula atau sudah berpengalaman sekalipun.

2. Kawat Nichrome

Kawat Nichrome merupakan jenis kawat coil vape yang memiliki waktu pemanasan yang lebih cepat dan responsif dibandingkan kawat Kanthal. Jadi, kalau kamu mencari opsi yang lebih baik, jenis kawat ini bisa kamu jadikan pilihan terbaik.

3. Kawat Stainless Steel

Kawat Stainless Steel merupakan kawat coil vape yang memiliki mode pengontrol suhu dan pengatur daya. Jenis kawat ini dapat menghasilkan rasa yang clean dan bisa digunakan dalam berbagai pengaturan.

4. Kawat Titanium

Kawat Titanium adalah kawat coil vape yang cocok digunakan untuk mode pengontrol suhu. Tapi, kawat jenis ini membutuhkan pengaturan yang lebih ekstra, lantaran sensitif terhadap suhu yang tinggi.

Tips Merawat Coil Vape

1. Jaga Isi E-Liquid dalam Cartridge (Hindari Dry Hit)

Pastikan cartridge vape kamu selalu terisi e-liquid yang cukup. Dry hit bisa terjadi saat coil terbakar tanpa cukup cairan untuk menguap, hal itulah yang nantinya bisa menyebabkan sensasi pahit dan tidak enak.

2. Hindari Pemanasan yang Terlalu Tinggi

Pemanasan berlebihan bisa merusak coil dan memperpendek umur pakainya. Pastikan untuk tidak menggunakan setting pemanasan terlalu tinggi pada perangkat vape kamu. Pilihlah suhu yang sesuai dengan jenis coil dan e-liquid yang kamu gunakan untuk menghindari kerusakan.

3. Ganti dan Bersihkan Coil Secara Rutin

Coil vape yang kotor atau aus dapat mempengaruhi rasa dan kualitas uap yang dihasilkan. Gantilah coil secara teratur sesuai dengan petunjuk. Selain itu, lakukan pembersihan rutin terhadap coil untuk menghilangkan residu dan kotoran yang menempel, sehingga performa vape visa tetap optimal.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan E-Liquid yang Manis

E-liquid yang mengandung banyak gula atau rasa yang terlalu manis dapat meningkatkan risiko pembakaran dan penumpukan residu pada coil. Hal ini dapat mengurangi umur pakai coil dan juga mempengaruhi rasa dari vape. Pilihlah e-liquid dengan kandungan gula yang rendah untuk menjaga kebersihan coil.

5. Pastikan Tegangan Device Sesuai dengan Coil

Pilihlah tegangan yang sesuai dengan jenis coil vape untuk menghindari kerusakan dan memperpanjang umur pakai coil. Periksa juga spesifikasi perangkat vape dan sesuaikan tegangan dengan rekomendasi penggunaan coil untuk hasil yang optimal.

Vapers, dengan mempraktekkan informasi terkait coil vape, kamu dapat memastikan coil vape tetap dalam kondisi optimal. Selain itu, merawat coil vape juga bisa membantu menghemat biaya loh. Nah, kalau kamu mencari device vape atau e-liquid karena ingin menggantinya dengan yang baru, Hexjuice menyediakan berbagai pilihan yang bisa kamu coba. Info selengkapnya cek di sini ya!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.