Tips Work Life Balance yang Perlu Kamu Tahu

tips work life balance

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Banyak sekali para pekerja yang masih menyepelekan dan menganggap remeh dari pentingnya keseimbangan kerja atau yang biasa kita sebut sebagai “work life balance”. Hal ini bisa membahayakan jika para pekerja terus menerus membiarkan kebiasaan buruk ini terjadi. Terlebih karena efeknya yang bisa mengganggu kesehatan fisik bahkan psikis sekaligus. Tak jarang para pekerja yang tidak mendapatkan work life balance pun mengalami gangguan jiwa seperti depresi hingga harus mendapatkan perawatan khusus  ke psikolog. 

Baca juga: Tips Kerja Mindfulness dan Cara Menerapkannya

Apa Itu Work Life Balance?

Work life balance atau keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan merupakan suatu prinsip untuk mendapatkan pola hidup yang seimbang antara pekerjaan tanpa mengenyampingkan kehidupan pribadi. Banyak sekali para pekerja yang berusaha mencari cara untuk mendapatkan work life balance namun tidak mudah untuk dicapai karena berbagai macam alasan, seperti pekerjaan yang padat, selalu terkena paparan radiasi akibat layar komputer yang menyala, bahkan masalah kantor yang ikut terbawa ke dalam kehidupan pribadi. 

Kenapa Work Life Balance Itu Penting?

Work life balance, bagi sebagian orang mungkin masih sulit untuk dicapai. Apalagi bagi pekerja yang tidak memiliki pilihan lain karena jam kerja yang panjang dari aturan perusahaan yang tak bisa dibantah. Jika hal ini terus-menerus dibiarkan, siap-siap kehidupan pribadi serta pekerjaan yang kita kerjakan akan mengalami kekacauan dan terhambat. Efek dari hal tersebut akan berlanjut pada kehidupan pekerjaan yang stressful dari yang tidak mendapatkan hasil kerja yang memuaskan hingga akhirnya mendapatkan teguran dari atasan.

Jika kita sudah mengalami hal ini, maka stress yang dialami oleh kita di tempat kerja akan terbawa ke kehidupan pribadi. Kita akan selalu dihantui bayang-bayang pekerjaan yang terus menerus berputar di alam bawah sadar mu, bahkan ketika kita tidak sedang bekerja sekalipun. Maka dari itu work life balance merupakan hal yang sangat penting dan sebisa mungkin diusahakan agar kehidupan pekerjaan kita dan kehidupan pribadi kita menjadi lebih seimbang dan sehat. 

Tips Work Life Balance

Masih banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengatur kehidupan pribadi dengan kehidupan professional agar bisa berjalan beriringan secara terarah dan sehat tanpa harus mengorbankan salah satunya. Oleh karena itu dibawah ini kami ingin membagikan tips bagi para pekerja yang sedang mencari cara untuk mencapai work life balance yang diinginkan.

1. Temukan Pekerjaan yang Kita Sukai

Hal penting pertama yang perlu kita usahakan adalah mencari pekerjaan yang memang kita kuasai atau kita sukai. Dengan mendapatkan pekerjaan yang kita sukai, maka hal ini pasti akan meminimalisir potensi alur pekerjaan yang penuh dengan kecemasan dan pikiran yang stress. kita akan cenderung melakukan pekerjaan dengan hati yang senang dan pikiran yang rileks. 

Maka hal ini juga akan membuat hasil pekerjaanmu menjadi memuaskan. Namun jika memang dalam keadaan tertentu kita tidak mendapatkan pekerjaan yang disukai, mulailah cintai hal-hal kecil yang ada pada pekerjaanmu saat ini. Carilah suatu hal pada pekerjaanmu yang menarik bagimu dan perdalam lagi mengenai hal apa yang kamu cintai. 

2. Pasang Batasan Diri dengan Waktu Kerja

Pasanglah batasan antara kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadimu. Tinggalkan projek kerjamu ataupun pesan email dari kantor sesaat setelah jam kerja mu habis. Kami sarankan untuk memiliki ponsel yang berbeda yang digunakan untuk pekerjaan dengan ponsel untuk kehidupan pribadi. Kamu bisa memisahkan akun email, browser, ataupun nomor yang berbeda agar tidak tercampur dengan urusan pribadi.

Berilah pengertian kepada rekan kerja dan atasanmu agar tidak mengganggu kehidupan pribadi ketika kamu sedang menikmati waktu diluar jam kerja yang ditetapkan. Hal ini penting agar nantinya tidak menimbulkan konflik ataupun kesalahpahaman yang terjadi disaat kita meninggalkan pekerjaan.

3. Tetapkan Tujuan dan Prioritas

Saat berada di jam kerja, maksimalkan waktu kerjamu dengan sebaik mungkin. tetapkanlah tujuan yang ingin dicapai dengan mengatur waktu dengan tepat. Aturlah prioritas pekerjaan yang sekiranya lebih penting dan harus selesai pada hari itu juga dengan pekerjaan yang tidak terlalu penting atau masih bisa ditunda. 

Hindari untuk selalu mengecek ponsel atau pesan email setiap menit. Alih-alih melakukan hal itu, kita bisa menggunakan waktu untuk mengerjakan hal-hal yang menjadi prioritas. 

4. Menerima Prinsip Bahwa Tidak Ada Work Life Balance yang Sempurna

Terkadang ada keadaan dimana perusahaan yang kamu tempati tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Atau tiba-tiba mengharuskan kita untuk bekerja dengan extra tenaga dan waktu padahal sebelumnya tidak pernah.

Jangan buat kamu menjadi orang yang sulit diajak berkompromi sampai enggan untuk menyelesaikan tugas yang seharusnya kamu selesaikan pada hari itu juga. Atau siap-siap kamu akan menghadapi resiko yang lebih besar lagi. Kerjakan tugasmu dengan baik dan sikapilah secara bijak sehingga kamu bisa pulang dengan hati yang tenang tanpa beban. 

5. Pergi Berlibur Sesekali

Jika hari libur yang didapatkan hanya 1 sampai 2 hari dalam seminggu, tak cukup buatmu. Maka, manfaatkanlah hari cuti yang disediakan oleh kantor mu untuk merefresh hati dan otak. Hal ini diharapkan membantu kamu untuk meningkatkan semangat dan kinerja otak agar hasil pekerjaanmu menjadi lebih maksimal saat kembali melakukan tugas.

6. Buatlah Waktu untuk Dirimu Sendiri dan Bersosialisasi

Pekerjaan memang penting bagi kita yang menjalani kehidupan dengan serba-serbi kebutuhan. Namun, bukan berarti kamu tidak butuh peran orang lain didalam hidupmu. Peran sosial juga tak kalah penting bagi kita sebagai makhluk yang diciptakan untuk bersosialisasi. Tak perlu meluangkan waktu setiap hari; berilah waktu untuk orang terkasih seperti keluarga, kekasih, maupun teman-teman terdekatmu. 

Kamu bisa meluangkan waktu hanya untuk sekedar ngobrol santai sambil menyeruput teh hangat di sore hari setelah pulang kerja, atau makan malam bersama sambil menceritakan hal beragam.Orang yang memiliki kehidupan sosial yang baik biasanya akan memiliki kesehatan psikis yang lebih sehat juga karena mereka memiliki wadah untuk mencurahkan segala hal yang berada di pikiran maupun hati sehingga beban yang dibawa saat kembali menghadapi pekerjaan akan sedikit berkurang. 

7. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Jika kamu sudah meluangkan waktu untuk refreshing, maka tubuhmu juga membutuhkan hal yang sama, loh. Dengan berolahraga, tubuhmu akan berterimakasih karena merasa lebih segar dan sehat tentunya. Tak hanya itu,berolahraga akan membantu kamu meningkatkan hormon endorfin yang disinyalir memberikan energi positif dan memberikan manfaat untuk memelihara kesehatan mental. 

Jadi, tak ada salahnya kan untuk sesekali mengambil 10-30 menit waktumu dalam sehari untuk berolahraga?

8. Siapkan Tempat Kerja yang Rapi dan Nyaman

“Home sweet home”, jika kamu menempati suatu rumah yang nyaman, rapi, dan bersih pasti kita akan betah dan rasanya tak ingin pergi kemana-mana. Namun bayangkan jika rumah yang kamu diami penuh dengan barang yang berantakan dan tak beraturan, memiliki aroma yang tak sedap, atau segala macam hal yang membuat kita merasa jijik, bahkan untuk berdiam diri lama-lama di rumah itu saja malas. 

Nah sama halnya dengan ruangan di tempat kita bekerja. Sejatinya pasti kita akan lebih betah dan nyaman jika meja kerja kita terlihat rapi, wangi dan bersih, bukan? Secara tak langsung hal itu juga akan mendorong kamu untuk dapat bekerja lebih produktif lagi dan efisien.

Maka dari itu, susunlah ruangan kerjamu dengan rapi dan semenarik mungkin. Kamu bisa menambahkan tanaman pot kecil untuk hiasan, ataupun aksesoris menarik untuk menambah motivasi kerja. 

Itu dia beberapa tips bagi kamu yang ingin mencapai work life balance. Semoga dari tips diatas kamu bisa mulai mempraktekkan dan bisa mencapai work life balance impian yang diidamkan selama ini.

Untuk menunjang mood kamu selama bekerja, mungkin kamu membutuhkan sedikit hiburan dengan sekedar menghisap vape di sela kegiatan pekerjaanmu yang padat. Apalagi jika liquid yang kamu gunakan memiliki rasa dan aroma yang nikmat seperti dari beberapa varian liquid vape dari Hexjuice. Pasti buat suasana hatimu yang tadinya buruk bisa menjadi lebih menyenangkan.  Semoga tips ini membantu kamu ya!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.