Tips Kerja Mindfulness dan Cara Menerapkannya

tips kerja mindfulness

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Pada era digital yang serba cepat ini, mudah sekali bagi kita untuk terjebak dalam kesibukan dan stress. Hal ini akan berdampak negatif pada produktivitas dalam bekerja. Mindfulness rupanya dapat membantu kita untuk mengatasi hal tersebut, lho. Yuk simak tips kerja mindfulness, manfaat, dan bagaimana cara menerapkannya pada artikel berikut ini.

Baca juga: 7 Tips Mengelola THR Supaya Tidak Habis Percuma

Apa Itu Mindfulness?

Mindfulness merupakan praktek yang dilakukan untuk melatih diri dalam memusatkan perhatian pada momen yang terjadi saat ini, tanpa terpengaruh oleh pikiran atau perasaan masa lalu, atau masa depan. Mindfulness sejatinya bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Sebenarnya untuk menerapkan mindfulness membutuhkan waktu dan latihan. Semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin mudah pula untuk kita bisa menjadi lebih mindful dalam bekerja.

Kenapa Harus Menerapkan Mindfulness dalam Bekerja?

Ada banyak manfaat menerapkan mindfulness dalam bekerja, di antaranya:

1. Meningkatkan Konsentrasi

Mindfulness bisa membantu kita untuk bisa lebih fokus pada tugas yang sedang dikerjakan, sehingga mengurangi multitasking dan meningkatkan efisiensi. Lagipula bukannya lebih tenang mengerjakan satu pekerjaan dengan fokus dibandingkan memiliki banyak cabang?

2. Mengurangi Stres

Stres tentu memiliki penyebab. Mindfulness juga bisa bermanfaat dalam mengelola stres, lho. Dengan berpikir mindful, kita juga bisa mengurangi kadar kecemasan yang terkadang datang secara tiba-tiba. Jadi, kita akhirnya bisa lebih tenang dan fokus dalam bekerja.

3. Meningkatkan Produktivitas

Mindfulness juga bisa membantu agar kita bisa lebih terbuka terhadap ide-ide baru dan meningkatkan kreativitas dalam menyelesaikan masalah. Baik itu di dunia pekerjaan atau di kehidupan yang tengah dijalani.

Bagaimana Cara Menerapkan Mindfulness?

Ada beberapa cara untuk menerapkan mindfulness dalam bekerja, berikut penjelasannya:

1. Meditasi: Luangkan waktu kamu selama beberapa menit setiap harinya untuk bermeditasi. Tidak perlu bermeditasi secara khusus, kamu tetap bisa kok mengikuti meditasi online atau memanfaatkan aplikasi yang ada di handphone kamu.

2. Fokus: Saat mengerjakan tugas, baik itu tugas pekerjaan, rumah, atau tugas lainnya, fokuslah pada tugas tersebut dan usahakan untuk menghindari gangguan sekecil apapun.

3. Bersyukur: Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu dengan bersyukur atas hal-hal kecil dalam hidup kamu. Hal ini tentu saja dapat membantu kamu agar bisa lebih fokus pada hal-hal yang positif dan meningkatkan kadar kebahagiaan dalam diri kamu.

4. Istirahat yang cukup: Jangan lupa untuk beristirahat. Ingatlah kalau tubuh janu membutuhkan waktu rehat setelah melakukan berbagai macam aktivitas setiap harinya.  Jadi, kurangi begadang ya!

Tips untuk Lebih Mindful dalam Bekerja

Berikut adalah beberapa tips kerja mindfulness yang bisa kamu terapkan:

1. Berkomitmen

Tips kerja mindfulness yang pertama adalah berkomitmen untuk melakukan hal yang satu ini. Niatkan dalam diri kalau kamu ingin menjadi pribadi yang lebih mindful sebagai bukti kalau kamu menyayangi diri sendiri.

2. Mulailah Dulu Pelan-pelan

Tidak perlu terburu-buru, untuk bisa menerapkan mindful dalam bekerja, kamu bisa melakukan dengan pelan dan perlahan kok. Ingatlah kalau kamu tidak sedang mengikuti sebuah perlombaan. Jadi, ikuti alurnya saja dan nikmati setiap proses yang kamu lalui ya!

3. Berlatih Pernapasan

Pernapasan adalah kunci untuk meningkatkan kesadaran kita. Nah, saat pagi hari, daripada kami langsung bangun dari tempat tidur dan menjalani rutinitas, luangkan waktu selama beberapa menit untuk bernapas dalam-dalam dan secara sadar ucapkan niat yang ingin kamu lakukan pada hari itu. Tips kerja mindfulness yang satu ini jadi salah satu yang paling mudah dipraktekkan, lho

4. Dengar dan Pikirkan Orang Lain

Kita akan bertemu orang dengan sikap dan perilaku yang berbeda-beda setiap waktunya. Dengarkanlah orang di sekitarmu ketika mereka berbicara, bersikaplah tulus terhadap mereka. Sambut obrolannya dengan komentar dan refleksi yang positif. Tapi, kamu juga tetap perlu berhati-hati dengan hal-hal negatif ya. Sebab, ketika berinteraksi dengan orang lain, penting bagi kita untuk bisa memahami sebelum kita ingin dipahami.

Pertimbangkanlah juga cara untuk mengenali pencapaian, kebutuhan, dan kesulitan orang lain. Selanjutnya, kamu bisa untuk berempati kepada mereka. Hal-hal sederhana seperti ini sudah tentu bisa jadi tips kerja mindfulness yang tidak sulit untuk dilakukan, bukan?

5. Renungkan dan Beri Ruang untuk Melepas

Luangkan waktu di penghujung haru atau tepatnya malam hari untuk refleksi diri. Memang sedikit sulit untuk melakukan hal ini tanpa menghakimi diri sendiri. Namun, cobalah untuk sekadar merenung tanpa menganalisis secara berlebihan atau menyulitkan diri sendiri. Kamu pasti bisa kok!

Memiliki ruang untuk melepaskan diri dari segala hal tentu dapat meningkatkan kadar kebahagiaan kita, dan pada akhirnya akan membantu kita untuk lebih berhati-hati.

Dengan menerapkan tips kerja mindfulness, kamu akan mendapatkan banyak manfaat bagi diri sendiri. Jadi, kalau kamu baru akan mencobanya, tidak ada kata terlambat kok! Mindfulness adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan. Tidak perlu berkecil hati jika kamu belum atau tidak selalu berhasil.  Sebab yang terpenting adalah kita mau untuk terus berusaha untuk menjadi lebih mindful dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam bekerja. Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya dan cek juga beberapa pilihan produk liquid terbaik dari Hexjuice! 

Share this post

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.