Perbedaan POD dan Vape dan Tips Memilihnya

Perbedaan pod dan Vape dan Tips Memilihnya

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Vape dan pod merupakan dua perangkat rokok elektrik yang semakin hari semakin populer di kalangan anak muda. Keduanya menawarkan pengalaman vaping yang unik, disertai dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski begitu, terdapat perbedaan POD dan Vape yang sebenarnya bisa jadi knowledge atau pengetahuan awal sebelum kamu memutuskan mau menggunakan yang mana. 

Pada artikel ini, Hexjuice akan membahas tuntas terkait perbedaan, kapasitas, kelebihan, kekurangan, dan tips memilih vape dan pod agar vapers bisa menemukan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk! Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Apa itu Pod? Device Simpel Buat Kamu yang Super Praktis

Apa Beda Vape dan POD?

Vape atau rokok elektrik, bisa dibilang sudah menjadi tren gaya hidup baru di kalangan masyarakat sejak beberapa tahun terakhir. Di balik asapnya yang mengepul, vape menyimpan sejarah panjang dan evolusi menarik yang patut disimak.

Akar vape bermula dari tahun 1930, tepatnya ketika seseorang bernama Joseph Robinson mematenkan desain rokok elektrik pertamanya. Namun, baru pada tahun 2003, Hon Lik, seorang farmasis asal Tiongkok, berhasil menyempurnakan desain tersebut dan mengantarkan vape ke era modern.

Untuk di Indonesia sendiri, vape baru mulai dikenal pada tahun 2012 lalu. Awalnya, vape identik dengan perangkat besar yang menghasilkan asap tebal. Seiring waktu, desain vape terus berkembang menjadi lebih kecil dan ramping, melahirkan generasi baru vape yang dikenal dengan sebutan pod.

Perbedaan vape dan pod adalah pod menawarkan desain yang trendi dan praktis, yang mana menjadikannya pilihan favorit bagi para vapers masa kini. Berbeda dengan vape konvensional, pod umumnya menggunakan cartridge yang telah diisi dengan cairan vape (liquid) dan nikotin, sehingga lebih mudah digunakan dan tidak membutuhkan banyak pengaturan.

Meskipun pod merupakan salah satu jenis vape, penting untuk memahami bahwa vape memiliki kategori yang lebih luas, termasuk pod, mod, dan AIO (all in one). Masing-masing kategorinya memiliki karakteristik dan keunggulan, mulai dari ukuran, desain, hingga harga.

Berapa Kapasitas Cairan Vape dan POD?

Perbedaan vape dan POD juga terdapat pada kapasitas masing-masing cairannya. Vape memiliki kapasitas tank yang bervariasi. Biasanya bisa memuat antara 2 ml sampai 5ml. Beberapa tank vape bahkan memiliki kapasitas hingga 10ml.

Sementara itu, kapasitas cartridge POD umumnya hanya bisa memuat antara 1.5 ml hingga 2ml. Tetapi, ada juga POD sekali pakai yang memiliki kapasitas yang lebih kecil yakni sekitar 1 ml.

Kelebihan Vape dan POD?

Kelebihan Vape:

  • Memiliki kapasitas liquid yang lebih besar
  • Kontrol temperatur dan watt yang lebih fleksibel
  • Pilihan coil pada vape lebih banyak
  • Bisa dimodifikasi dan dipersonalisasi dengan mudah
  • Cocok untuk pengguna vape yang sudah berpengalaman

Kelebihan POD:

  • Mempunyai desain yang lebih kecil dan simpel
  • Lebih mudah digunakan dan dibawa ke mana-mana
  • Perawatan dan pemeliharaannya jauh lebih mudah
  • Harganya cenderung lebih terjangkau 
  • Cocok digunakan untuk pemula dan pengguna vape casual

Kekurangan Vape dan POD?

Kekurangan vape:

  • Perbedaan vape dan POD adalah vape mempunyai desain yang jauh lebih besar dan kompleks 
  • Memerlukan pengetahuan dan keterampilan lebih untuk bisa menggunakannya
  • Dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang cenderung lebih rumit
  • Harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan POD

Kekurangan POD:

  • POD memiliki kapasitas liquid yang lebih kecil atau jauh lebih sedikit
  • Kontrol temperatur dan watt pada POD lebih terbatas
  • Pilihan coil pada POD lebih sedikit
  • Tidak bisa dimodifikasi atau dipersonalisasi

Berapa Lama Baterai Awet?

Perbedaan vape dan POD juga terdapat pada ketahanan baterainya. Daya tahan baterai pada vape dan POD sebenarnya bervariasi, yang mana tergantung pada beberapa faktor, seperti kapasitas baterai, gaya vaping, dan jenis perangkat. 

Pada umumnya baterai vape memilik kapasitas yang lebih besar dan jauh lebih tahan lama. Jadi, bisa digunakan sselama beberapa jam dengan sekali pengisian daya. Sedangkan baterai pada POD biasanya lebih kecil dan ketahanannya jauh lebih sebentar. Jadi, jika kamu menggunakan POD perlu melakukan pengisian daya lebih sering dibandingkan dengan vape.

Tips Memilih Vape dan POD

Sebagai pemula, kamu mungkin masih kebingungan ketika harus memilih vape atau POD. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu:

1. Kenali Kebutuhan

Seberapa sering sih kamu ingin vaping? Jika kamu merasa hanya akan vaping sesekali, POD mungkin lebih cocok. Tapi, jika kamu ingin vaping lebih sering, vape bisa jadi lebih hemat.

2. Tentukan Budget 

Berapa banyak budget yang kamu miliki? Harga vape di pasaran biasanya lebih mahal dari pada POD. Jadi, sesuaikan saja dengan budget yang kamu miliki ya! 

3. Pilih Jenis Perangkat yang Tepat

Vape bisa memberikan kontrol lebih besar dan mempunyai kapasitas liquid yang lebih besar pula, akan tetapi lebih mahal dan rumit digunakan. Sementara POD, seperti yang diketahui, yang satu ini lebih mudah digunakan dan praktis, tetapi kontrolnya lebih sedikit dan kapasitas liquid lebih kecil.

4. Pilih Kapasitas Baterai yang Tepat

Jika kamu sering vaping, pilihlah baterai dengan kapasitas besar. Tapi, kalau hanya vaping sesekali, baterai dengan kapasitas kecil mungkin cukup.

5. Pilih Liquid yang Tepat

Pilihlah liquid dengan rasa dan kadar nikotin yang kamu sukai. Pastikan juga kalau liquidnya kompatibel dengan perangkat yang vapers gunakan ya!

6. Beli dari Situs Terpercaya

Pastikan kamu membeli vape dan VOP di toko atau situs terpercaya yang menjual produk asli yang berkualitas. Jangan lupa untuk membaca ulasannya terlebih dahulu dari pembeli lainnya sebelum memutuskan mau membeli yang mana.

Nah, itu dia penjelasan lengkap terkait perbedaan vape dan Pod beserta bagaimana tips memilih yang tepat. Kalau kamu mau membeli Pod, pastikan membelinya di Hexjuice ya, karena ada banyak pilihan device Pod yang bisa kamu gunakan. Have a good day!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.