Pengaruh Warna Tembok Terhadap Psikologis dan Suasana Hati

pengaruh warna tembok terhadap psikologis manusia

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Pengaruh warna dalam desain interior ternyata cukup penting dan memengaruhi psikologis penghuni yang menghuni-nya loh. Salah satunya adalah warna cat tembok. Cat tembok ternyata bisa memengaruhi suasana hati manusia menjadi baik maupun sebaliknya.
Banyak manfaat yang dirasakan jika pemilihan warna tembok yang diaplikasikan adalah warna yang tepat dan banyak juga akibat yang dirasakan jika kita memilih warna cat tembok yang salah.

Maka dari itu kami akan memaparkan beberapa jenis dan pengaruh warna tembok terhadap psikologis dan suasana hati penghuni agar jika suatu saat kamu akan mengecat tembok ruangan khususnya rumah/kamar/ruangan kantor-mu tidak akan salah pilih lagi!

Baca juga: Perbedaan Gen Z dan Milenial Saat Bekerja: Karakteristik & Pandangan

1. Warna Tembok Kuning

Warna-warna hangat di tembok kuning akan meningkatkan suasana hati kamu. Selain itu, warna kuning pasti akan menciptakan suasana yang ceria dan menyenangkan. Ternyata warna tembok kuning memiliki kelemahannya di balik kelebihannya. Jika Anda terlalu lama berada di ruangan berwarna kuning, Anda akan menjadi orang yang tidak sabaran dan mungkin akan mengalami tanda-tanda mata lelah.

2. Warna Tembok Merah Muda/Pink 

Warna merah muda ini dianggap sebagai simbol feminitas. Warna pink cocok untuk berkumpul dan beristirahat di malam hari untuk membuat otak kita lebih santai dan tenang. Selama beberapa dekade, warna tembok pink telah digunakan rumah tahanan di Amerika Serikat untuk mendukung kesehatan mental para tahanan, kata psikolog Alexander Schauss. 

3. Warna Tembok Biru

Berdasarkan survei yang dilakukan Travelodge terhadap sekitar 2000 rumah di Inggris, membuktikan bahwa warna cat yang digunakan seseorang saat tidur memengaruhi kualitas tidur mereka dan durasi tidur mereka. Warna biru sangat cocok untuk tempat tidur karena membantu orang menjadi lebih santai dan tenang. Biru juga dikaitkan dengan perasaan tenang. Banyak orang tahu bahwa warna ini sangat disukai. Karena warna ini sering digunakan pada logo perusahaan terkenal seperti aplikasi Traveloka, Meta, dan lainnya yang berwarna biru. 

4. Warna Tembok Hijau

Seringkali, warna hijau dikaitkan dengan kesan natural dan alami. Jika kamu menyadarinya, banyak tumbuhan dan pepohonan hijau rindang yang memberikan aroma alam ke lingkungan. Selain itu, biasanya orang-orang yang tinggal di kota ingin melepas kepenatan dari padatnya kota dengan mengunjungi tempat wisata alam yang didominasi oleh alam yang berwarna hijau. Oleh karena itu, hijau memberikan energi yang positif terhadap otak kita dan memberikan rasa kesejukan dan ketenangan. Warna ini sangat fleksibel, jadi cocok di hampir semua tempat.

5. Warna Tembok Ungu

Warna ungu masih jarang digunakan di ruangan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa membuat cat tembok ungu akan membuat orang lebih kreatif dan membuka imajinasi baru. Ini karena ungu dianggap sebagai warna kemewahan dan elegan. Jadi, hanya segelintir orang yang menyadari manfaat tembok ungu. Warna ini mungkin cocok diaplikasikan pada ruangan seni yang membutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang banyak. 

6. Warna Tembok Oranye

Warna oranye yang termasuk warna hangat ini memiliki dampak positif pada psikologi manusia. Warna oranye yang cukup menyala akan membangkitkan perasaan antusias yang membara dan membangkitkan perasaan bahagia. Namun karena warnanya yang cukup terang dan ngejreng terkadang melihatnya membuat mata kita tidak nyaman. Maka dari itu warna ini lebih banyak digunakan untuk penanda marka jalan atau tanda kehati-hatian agar kita tidak kesulitan dalam melihatnya khususnya pada malam hari.  

7. Warna Tembok Merah

Warna merah yang mencolok dan menyala identik dengan lambang keberanian dan bergairah. Sehingga warna merah dipercaya mampu memengaruhi psikologis menjadi lebih bersemangat. Warna merah juga identik dengan warna-warna peringatan yang keras seperti halnya karakter warna yang menyala dan berani. 

8. Warna Tembok Cokelat

Warna tembok yang satu ini memberikan kesan serius namun hangat dan lembut dalam satu waktu. Tembok ini akan memberikan kesan elegan dan modern pada ruangan kamu. Warna cokelat juga sangat cocok dipadu-padankan dengan interior yang berbahan kayu yang sama-sama memiliki kesan hangat dan elegan. Membuat penghuninya bisa berpikir dengan fokus dan rileks.

9. Warna Tembok Putih

Warna tembok putih memiliki ciri khas tersendiri karena warna ini termasuk warna dasar yang paling aman untuk disandingkan dengan berbagai warna apapun. Warna putih akan memberikan kesan yang luas, terang, dan bersih pada ruangan. Warna ini juga melambangkan warna kesucian dan kemurnian. Jika dalam dunia psikologi, warna putih ini melambangkan kesucian dan kebersihan. Itu sebabnya warna putih identik dipakai pada hari raya seperti Idul Fitri. Warna putih akan memberikan efek tenang dan konsentrasi yang tinggi pada penghuni ruangan.

10. Warna Tembok Hitam

Meskipun warna hitam identik dengan warna yang kelam seperti kesedihan, ketakutan, dan kematian, warna hitam adalah warna yang cenderung aman untuk dipadukan dengan banyak warna. Warna hitam memiliki makna psikologi sendiri seperti sifat kemewahan, kegagahan, keberanian, maupun kecanggihan. 

Itulah dia beberapa warna tembok yang ternyata secara tak langsung memiliki dampak terhadap psikologi kita. Dengan begitu kamu dapat menentukan warna tembok yang sesuai dengan kebutuhan. Termasuk dalam pemilihan liquid yang sesuai dengan seleramu juga akan mempengaruhi mood kamu saat vaping loh! Pastikan kamu memilih liquid yang sesuai dengan seleramu dan juga memilih merek liquid yang berkualitas dan terjamin rasanya. Seperti liquid Hexjuice yang memiliki banyak varian rasa seperti fruity, creamy, hingga rasa tembakau yang dibuat untuk memenuhi selera vaping-mu.

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.