Apa Itu Mesh Coil? Serta Apa Perbedaan dengan Regular Coil

apa itu mesh coil?

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Dalam dunia vape, begitu banyak komponen-komponen yang beragam. Dari rupa, jenis, serta fungsinya memiliki tugas masing-masing sehingga perangkat vape yang kamu gunakan bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Jika kamu bertanya apakah perangkat vape tanpa salah satu komponen tetap akan berfungsi sebagaimana mestinya? Jawabannya adalah tidak ya vapers. Komponen yang ada pada perangkat vape bekerja secara berkesinambungan dan mendorong satu sama lain agar berfungsi. Salah satu komponen yang penting pada perangkat vape adalah Mesh Coil. tentu bagi kamu yang pemula bertanya-tanya apa itu Mesh Coil dan apa fungsinya?

Maka dari itu kami akan membahasnya lebih detail apa itu Mesh Coil, perbedaan Mesh Coil dengan Regular Coil, serta keuntungan sampai kekurangan dari Mesh Coil. Simak selengkapnya dibawah ini ya!

Baca juga: Apa itu Coil Vape, Jenis, dan Cara Memilih Kawat Coil yang Tepat

Apa Itu Mesh Coil?

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai Mesh Coil, kamu perlu tahu bagaimana Coil bekerja. Coil bisa diistilahkan sebagai penjaga pintu yang akan menilai kompatibilitas, liquid, hasil rasa yang kencang, bagaimana uap yang dihasilkan, dan masih banyak yang lainnya.

Coil Mesh adalah kumparan kawat pemanas yang ada pada tanki atau Pod untuk menghasilkan uap dari liquid vape yang dipanaskan. Coil mesh menggunakan selembar kawat yang dilipat-lipat secara berulang kali hingga akhirnya membentuk sebuah jala jaring atau Mesh.

Perbedaan Mesh Coil dengan Regular Coil

mesh coil vs regular coil

source: myvapereview.com

Secara singkat perbedaan Mesh coil dengan regular coil ada pada bentuknya. Coil biasa berbentuk kumparan yang digulung hingga membentuk pegas. Komponennya cenderung mudah ditemukan dan lebih mudah dilepas pasang. 

Sedangkan Coil Mesh berbentuk kawat lembaran yang dilipat secara berulang hingga membentuk sebuah jaring atau mesh. Komponennya masih jarang ditemukan. Proses pemanasannya cenderung lebih merata karena desainnya sendiri.

Keuntungan Menggunakan Mesh Coil

Ada banyak keuntungan yang kamu rasakan jika memilih jenis coil mesh ini. Terlebih jika kamu sangat mencari pengalaman vaping dengan uap dan rasa yang sangat kuat. Beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan yaitu:

1. Menghasilkan Uap dan Rasa yang Lebih Kuat

Mesh Coil yang memiliki permukaan lebar dengan lubang-lubang yang merata akan memberikan keunggulan membakar liquid dengan sempurna. Sehingga akan memberikan rasa yang lebih kuat dan juga uap yang lebih banyak karena hasil pembakaran coil yang lebih merata.

2. Proses Firing yang Lebih Merata dan Cepat

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh coil mesh yaitu dapat memanas dengan cepat jika dibandingkan dengan coil biasa. Maka biasanya yang menggunakan coil mesh akan merasakan sensasi “hit” yang lebih kuat sehingga hasilnya akan mengeluarkan uap yang melimpah dan tentu akan mendapatkan rasa yang lebih baik. 

3. Lebih Hemat Daya

Bagi kamu yang menyukai hal-hal yang berbau hemat, kamu akan sangat menyukai coil mesh ini. Karena coil ini tidak akan membuat kamu menyentuh daya lebih dari 100 watt agar bisa mendapatkan firing yang maksimal seperti halnya coil biasa. Cocok bagi kamu yang memiliki perangkat vape berdaya rendah. Alhasil kamu pun tidak perlu khawatir baterai vape-mu akan cepat habis karena daya watt yang tinggi.

4. Tahan Lama

Beberapa vapers disinyalir merasakan bahwa mereka lebih jarang mengganti komponen coil mesh jika dibandingkan dengan menggunakan coil yang biasa. Hal ini bisa terjadi tentu karena desain coil mesh itu sendiri yang ramping dengan jaring-jaring yang merata membuatnya lebih efisien ketika digunakan. Hal ini tentu menguntungkan bagi penikmat vape yang terbilang cukup sering menikmati vape. 

5. Konsistensi Rasa dan Uap

Terakhir, Ke-konsistensi-an dari setiap rasa dan kepulan uap yang dihasilkan bisa kamu nikmati dari coil mesh. Bagi vapers sejati, biasanya mereka sudah bisa membedakan mana vape yang sudah menggunakan coil mesh dengan vape yang masih menggunakan coil biasa. Coil biasa yang memiliki bentuk memutar spiral cenderung tidak merata dalam proses pemanasan. Sedangkan coil mesh memiliki desain kawat pipih yang memiliki lubang-lubang yang tersebar seperti  jaring atau mesh. Hal inilah yang akan membuat proses pemanasan menjadi merata sehingga menghasilkan rasa yang selalu konsisten. 

Kekurangan Menggunakan Mesh Coil

Walaupun coil mesh ini terbilang sebuah inovasi yang terkini dan terbaik dari coil spiral biasa, namun coil mesh juga memiliki beberapa kekurangannya loh vapers. Walau memang kekurangan yang dimiliki oleh coil mesh tidak sebanyak yang ada pada coil biasa, namun hal ini mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan apakah akan membeli dan menggunakan coil mesh ini pada perangkat vape kamu ataupun tidak sama sekali. Berikut beberapa kekurangan yang ada ada coil mesh:

1. Boros Liquid

Kekurangan pertama yang ada pada coil mesh yaitu boros pada penggunaan liquid. Jadi walaupun kamu hemat dalam penggunaan daya, tapi coil mesh boros dalam penggunaan liquid. Dalam menghasilkan rasa yang kuat serta uap yang mengebul tebal, coil mesh memerlukan lebih banyak cairan liquid yang harus kamu teteskan. Tergantung kamu menilai seberapa penting rasa dan kepulan uap. Namun bagi penikmat vape sejati, biasanya mereka rela merogoh kocek lebih untuk membeli liquid agar tetap bisa menikmati rasa dan kepulan uap yang memuaskan mereka. 

2. Tingkatan Panas

Biasanya pada beberapa vapers, mereka memiliki preferensi tingkatan panas ketika menghirup vape. Ada beberapa pengguna vape yang lebih menyukai sensasi panas yang cukup kuat. Sedangkan hal ini tak bisa didapatkan jika kamu menggunakan mesh coil. Mesh coil bekerja secara halus dan lebih lembut saat dihirup dibandingkan dengan mesh biasa. 

Memang dalam menikmati vape, orang-orang memiliki preferensinya masing-masing. Ada yang lebih menyukai rasa yang lebih halus, ada pula yang menyukai rasa yang lebih kuat. Ada yang menyukai kepulan asap yang tebal, ada juga yang tidak menyukainya. Maka dari itu industri dalam vape saat ini berlomba-lomba memproduksi banyak jenis komponen dan perangkat vape untuk memenuhi keinginan pasar yang beragam. Apapun jenis perangkat atau komponen miliki, tentu membutuhkan cairan liquid bukan? Dan untuk mencapai pengalaman vaping yang nikmat kamu membutuhkan liquid yang berkualitas baik seperti liquid Hexjuice. Rasa yang beragam dari liquid rasa creamy hingga liquid rasa fruity yang menyegarkan ada disini. Jenis liquid salt nic dan freebase, dan tentunya liquid Hexjuice dibuat dengan kualitas terbaik akan membuat pengalaman vaping mu menjadi lebih baik dan menyenangkan.

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.