Apa itu RTA pada Vape? Begini Penjelasannya dan cara pakainya

Apa itu rta

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Dalam dunia vape, istilah-istilah asing ini memang benar tak ada habisnya. Pasti ada saja istilah yang membuat para pengguna vapers khususnya pemula menjadi kebingungan. Jika kemarin kita sudah membahas apa itu RDA, kali ini kita akan membahas dan mengupas secara detail mengenai apa itu RTA, cara penggunaan, serta keunggulan yang dimiliki device tersebut.. kedua istilah ini terdengar mirip namun ternyata berbeda loh vapers. Simak selengkapnya dibawah ini agar kamu tak perlu bingung lagi.

Baca juga: Apa itu RDA? Ketahui Keunggulannya dan Cara Menggunakan

Apa itu RTA?

Dalam dunia vape, RTA merupakan istilah singkatan dari Rebuildable Tank Atomizer yang secara harfiah memiliki arti jenis device vape yang dapat merakit ulang coil dan mengisi ulang tangki dengan liquid oleh pengguna vape. RTA sendiri memiliki kustomisasi yang cukup tinggi. Device ini akan membuat para vapers dimanjakan dengan pengalaman yang lebih beragam karena RTA memungkinkan untuk dapat mengatur jenis coil, mengatur aliran udara, bahkan mengatur rasa liquid yang kamu gunakan.

Apa keunggulan yang dimiliki oleh RTA?

Tentu saja masing-masing device memiliki keunggulannya tersendiri. Keunggulan device ini bisa disesuaikan tergantung keinginan pengguna yang ingin lebih memilih seperti apa device yang dimiliki saat menggunakan vape.

Beberapa keunggulan yang dapat kamu nikmati jika menggunakan device RTA sebagai berikut:

Memiliki Kustomisasi Tinggi

Ini dia kelebihan yang dicari oleh para vapers pada RTA yaitu memiliki tingkat kustomisasi yang tinggi. Banyak sekali hal yang bisa kamu atur seperti bahan kawat coil, tipe lubang udara beserta ukurannya, jumlah lilitan coil, dan masih banyak lagi pengaturan-pengaturan lainnya yang bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan pengguna masing-masing. 

Hemat Biaya dan Perawatan

Siapa yang tidak ingin memiliki hobi vaping dengan budget yang lebih hemat bagi penggunanya? Tentu saja semua orang menginginkan device vape yang ramah dikantong. Bagi pengguna RTA kamu dapat menghemat biaya dalam jangka waktu yang panjang karena device RTA ini dapat mengganti coil secara terpisah setiap kali habis tanpa perlu mengganti coil dengan yang baru.

Ramah Lingkungan

Bagi pengguna RTA, sebenarnya kamu ikut andil dalam usaha untuk mengurangi limbah plastik. Karena setiap kali habis, kamu tidak perlu lagi untuk membuang kumparan yang lama. 

Memiliki Tangki Penyimpanan Liquid

Salah satu keunggulan lainnya yang dimiliki oleh device berjenis RTA yaitu memiliki tangki yang berfungsi sebagai alat penyimpanan liquid. Kamu dapat mengisi ulang tangki dengan liquid sesaat setelah coil dibangun. 

Rebuildable 

Keunggulan terakhir yang didapatkan jika kamu menggunakan RTA adalah bisa dengan mudah membokar pasang, membuat kembali coil yang ada di dalam atomizer, dan membersihkannya dengan mudah.

Bagaimana cara merawat device RTA?

Jika kamu ingin memiliki device vape yang awet, maka tentu kamu juga perlu merawatnya dengan seksama ya vapers. Perawatan RTA terbilang cukup mudah dan tidak terlalu memakan waktu yang lama. Ikuti step pembersihan RTA agar device selalu bersih dan terawat dibawah ini:

  1. Keluarkan coil yang ada pada RTA
  2. Lakukan dry burn atau pemanasan coil yang sudah tidak ada kapasnya untuk menghilangkan sisa-sisa liquid dan kapas yang menempel pada coil
  3. Siapkan air hangat atau panas dan rendam coil pada air tersebut
  4. Setelah direndam beberapa menit, bilas coil dan keringkan dengan kain bersih
  5. Pasang kembali coil RTA seperti semula

Perlu diingat ya vapers bahwa RTA juga merupakan sebuah device elektronik yang pasti memiliki masa pakainya sendiri. Jadi apabila kamu sudah merawat dengan semaksimal mungkin namun masa umur pakainya telah habis, pada akhirnya kamu juga harus tetap mengganti coil tersebut dengan yang baru. Ciri-ciri coil yang sudah harus diganti adalah memiliki tanda-tanda kehausan.

Amati dengan seksama pada beberapa ciri-ciri seperti rasa yang dihasilkan, uap yang dikeluarkan, dan seluruh bagian performa device RTA. jika ada sesuatu yang janggal dan tidak biasa, maka saat itulah coil yang kamu gunakan sudah perlu diganti dengan coil yang baru. 

Apakah RTA ramah bagi pemula?

Sejatinya jenis vape RTA dan RDA itu memiliki sedikit kemiripan. Namun bagi pemula, penggunaan vape jenis RTA akan terasa sedikit lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis RDA. Kamu tetap perlu memiliki pengalaman dan keahlian dalam membangun coil, membuat sumbu kapas dan lainnya agar hasil yang diharapkan lebih maksimal.

Nah itu dia penjelasan secara lengkap mengenai device RTA mulai dari pengertian hingga keunggulan yang dimiliki sudah dikupas tuntas disini. Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh RTA. Ada baiknya kamu juga memiliki liquid yang berpasangan dengan RTA. Tentu kurang pas jika RTA yang kamu miliki disandingkan dengan liquid yang memiliki kualitas yang kurang dari segi rasa dan hasil uap. Kami memiliki rekomendasi liquid dengan kualitas terbaik dikelasnya dengan rasa dan aroma yang nikmat dan menggugah selera. Hexjuice dengan berbagai jenis liquid salt nic dan freebase-nya memiliki kualitas baik dan tentunya akan membuat pengalaman vaping kamu menjadi lebih menyenangkan.

Device RTA memang sejatinya bukan untuk semua orang. RTA akan lebih disukai bagi vapers yang ingin mengulik-ngulik devicenya sesuai dengan yang pengguna inginkan. Untuk kamu yang menyukai hal-hal sederhana dan cepat, rasanya kurang pas jika kamu memiliki device berjenis RTA. kamu bisa menggunakan device vape yang lebih sederhana dibandingkan dengan RTA. Semoga tulisan ini membantu kamu dalam memilih jenis device ya vapers!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.