Apa itu RDA? Ketahui Keunggulannya dan Cara Menggunakan

apa itu rda

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Saat ini vape adalah salah satu alat media kesenangan generasi millenial. Bahkan tak jarang orang yang sudah berumur 40 tahun ke atas pun tertarik dengan device yang bernama vape ini. 

Bagaimana tidak, vape telah menjadi salah satu gaya hidup yang tak bisa dilepaskan begitu saja. Vape juga banyak diminati karena sebagai alternatif bagi orang yang sudah mulai berhenti menggunakan rokok. Tentu bagi pemula atau bagi orang yang baru saja terjun ke dunia vape ada beberapa istilah yang masih asing didengar. Dari jenis-jenis device vape hingga komponen-komponen vape salah satunya adalah RDA.
Untuk itu bagi kalian yang baru saja masuk ke dunia vape tak usah khawatir karena kami akan memaparkan secara lengkap apa itu RDA, keunggulan hingga cara menggunakannya. Mari simak selengkapnya dibawah ini. 

Baca juga: Atomizer Vape: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Apa itu RDA?

RDA merupakan salah satu istilah dalam vape yang memiliki makna kepanjangan yaitu “Rebuildable Dripping Atomizer”. Yang artinya adalah jenis atomizer yang dapat dirakit ulang (rebuild) pada bagian coil maupun kumparan itu sendiri secara manual bagi penggunanya. RDA memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya menjadi lebih unik dan menonjol jika dibandingkan dengan jenis atomizer yang lainnya. Karakteristik pertama yang dimiliki Atomizer jenis RDA adalah memiliki varian warna yang beragam, rebuildable coil atau coil yang dapat dirakit ulang, device tanpa tangki, dan memiliki airflow control.

Bagaimana cara menggunakan RDA Tank?

Sebenarnya cara menggunakan RDA tidaklah sesulit yang dikira jika kamu sudah terbiasa. Namun kamu perlu keterampilan khusus dan lebih teliti agar meminimalisir kesalahan pada penggunaan RDA tank. Sebelumnya kamu perlu mengetahui komponen-komponen pada RDA.

1. Deck

Deck merupakan area kumparan coil dibuat. Memiliki dua atau lebih tiang untuk pemasangan coil

2. Coil

Coil merupakan kawat yang membentuk menjadi kumparan lalu dipanaskan melalui listrik yang dialirkan pada coil. Ketika coil dan kapas dipanaskan, maka saat itulah liquid diubah menjadi uap yang akan dihirup. 

3. Wick 

Wick merupakan bahan penyerap yang berada pada coil. Wick ini berasal dari material kapas khusus vape yang menyerap liquid dan menghantarkannya pada coil yang dipanaskan.

4. Drip Tip

Drip Tip adalah bagian ujung pada RDA yang digunakan pada mulut sebagai tempat menghirup uap setelah dipanaskan pada coil.

5. Top Cap

Top Cap adalah bagian penutup pada bagian atas RDA yang dapat dilepas tutup agar pengguna dapat dengan mudah meneteskan liquid pada coil. 

Bagaimana cara menggunakan RDA?

Cara penggunaannya RDA Tank:

1. Teteskan langsung liquid vape pada coil

2. Tekan tombol aktivator vape untuk memanaskan coil yang sudah diteteskan liquid

3. Liquid yang sudah diteteskan dan dipanaskan akhirnya menghasilkan uap yang nantinya akan dihirup oleh pengguna RDA

Apa keunggulan RDA dibanding jenis lain?

Ini dia keuntungan yang bisa kamu nikmati bagi pengguna RDA:

1. Rasa liquid yang lebih menonjol

Banyak orang yang akhirnya beralih dari atomizer lain ke atomizer RDA karena memiliki keunggulan dari segi rasa yang ditonjolkan lebih kuat. Kamu bisa bergonta-ganti rasa liquid dengan mudah dengan rasa yang lebih kuat tentunya. Jadi device ini paling cocok untuk kamu yang suka menggonta-ganti rasa liquid vape.

2. Uap yang lebih banyak

Jika kamu adalah tipikal orang yang menyukai hasil uang yang melimpah, RDA adalah pilihan yang tepat buat kamu. Karena RDA dapat menghasilkan uap yang melimpah dengan cara mengatur kumparan dengan tepat dan aliran angin yang lebar.

3. Leluasa merakit coil

Dengan RDA kamu bisa merakit coil dengan leluasa. Kamu bisa berkreasi dengan berbagai ukuran, bahan, dan bentuk pada kumparan untuk menemukan variasi vaping yang menarik.

4. Mudah dibersihkan

Para pengguna RDA, kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam merawat device, salah satu keunggulan RDA adalah lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan jenis atomizer lain. Tak perlu repot, cukup bersihkan wick dan coil dan membasuh seluruh bagian RDA dengan air yang hangat dan lap dengan kain bersih. Setelah itu RDA-mu sudah kembali bersih seperti semula.

Apakah RDA tank cocok untuk pemula?

Dalam merakit RDA tank sebenarnya memang membutuhkan keahlian khusus yang perlu kamu pelajari sebelumnya. Jenis device ini belum cukup ramah bagi pemula karena kamu harus mempelajari dahulu berbagai jenis teknik dan keterampilan dalam membuat coil hingga merakitnya menjadi satu kesatuan yang baik. Alih-alih bisa digunakan, device yang keliru dalam proses perakitan nantinya akan mengakibatkan device tidak berfungsi dengan semestinya, seperti kapas putus, liquid yang leaking atau bocor, bahkan hingga rasa liquid yang gosong. Jika dibiarkan maka hal ini akan membuat device kamu menjadi rusak.

Jadi bagi pemula yang baru saja memulai dunia vaping, kamu bisa mulai dengan menggunakan device yang lebih sederhana agar lebih mudah digunakan sambil mempelajari device jenis RDA yang suatu saat mungkin akan kamu gunakan setelah mahir.

Nah itu dia penjelasan dari tank RDA serta keunggulan dan cara pemakaiannya. Sejatinya jenis device vape apapun akan terasa lebih nikmat jika kamu memilih liquid vape yang memiliki rasa dan kualitas yang baik. Walau device RDA-mu sudah sebagus apapun, jika kamu keliru dalam pemilihan merek liquid maka cita rasa dari uap yang dihasilkan pun tidak akan terasa nikmat.

Perhatikan kualitas dan legalitas dari liquid yang kamu beli ya vapers, pastikan kamu membeli liquid di merek yang sudah jelas terjamin aman dan tentunya memiliki kualitas yang bagus sehingga menghasilkan rasa liquid yang nikmat saat digunakan. Salah satu brand yang bisa kami rekomendasikan adalah liquid dari Hexjuice yang memiliki jenis liquid dengan berbagai rasa dari jenis saltnic maupun freebase yang kualitasnya sudah pasti terjamin dengan varian rasa yang enak. Semoga tulisan ini membantu kamu yang baru saja memulai kegiatan vaping ya vapers!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.