Apa Itu Drip Tip? Fungsi, Jenis, dan Pentingnya Memilih yang Tepat

apa itu drip tip

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Di dalam dunia vape begitu banyak istilah-istilah yang masih membuat para pengguna vape pemula kebingungan. Jika kamu ingin menguasai tentang vape, maka kamu harus mengetahui jenis komponen beserta fungsinya, karena komponen-komponen yang ada di dalam vape memiliki perannya masing-masing yang akan menunjang performa vape satu sama lain. Jika salah satunya tidak ada, maka tentu kamu tak bisa mengharapkan performa maksimal pada vape yang kamu gunakan. 

Seperti salah satu komponen satu ini yang mungkin terlihat sepele namun ternyata memiliki peran yang cukup penting untuk menciptakan kualitas dan rasa yang baik loh vapers. Kali ini kami akan mengulik tentang salah satu komponen pada vape yaitu drip tip beserta fungsi dan jenisnya. Simak selengkapnya dibawah ini ya!

Baca juga: Perbedaan Ohm pada Cartridge Vape: 0.6 vs 0.8, Mana yang Terbaik?

Apa itu Drip Tip dalam vape?

Di dalam dunia vape, pengertian drip tip yaitu sebuah komponen penting pada vape yang juga biasa disebut corong vape yang ada pada vaporizer yang mana memiliki fungsi sebagai alat penyalur uap yang dihasilkan dari pembakaran pada coil. Drip tip sebagai perantara antara vaporizer dan mulut pengguna agar tak langsung mengenai vaporizer. Drip tip memiliki kontrol untuk mengatur aliran udara dan penentu seberapa banyak uap yang dikeluarkan dari coil. Tak hanya sebagai perangkat penyalur uap, drip tip juga diciptakan untuk tujuan estetika serta keamanan dan kenyamanan pengguna vape. 

Apa fungsi Drip Tip?

Drip tip, si barang mungil tapi memiliki fungsi penting pada komponen vape. Drip tip memiliki fungsi sebagai media perantara untuk menyalurkan uap vape dari atomizer kepada mulut si pengguna agar lebih nyaman dan aman saat melakukan vaping

Jenis jenis Drip Tip?

1. Drip Tip Standar 

Drip Tip jenis ini adalah drip tip yang paling standar dalam vape. Bahan yang digunakan pada pembuatan drip tip ini biasanya terbuat dari material plastik, stainless steel, dan delrin. Bentuknya cenderung sederhana dengan diameter berukuran sekitar 8.5 mm. Drip tip ini cocok untuk digunakan pada berbagai macam atomizer dengan keunggulan dapat dibongkar pasang jika diperlukan. Walau namanya disebut sebagai drip tip standar, tapi jenis ini juga mampu untuk mengatur aliran udara yang masuk. Dengan berbagai warna dan jenis memungkinkan pengguna memilih sesuai dengan selera masing-masing. 

2. Drip Tip Pyrex 

Jenis drip tip ini menggunakan material gelas atau kaca yang tahan terhadap suhu yang tinggi. Sehingga jenis ini cocok untuk kamu yang menggunakan atomizer yang menghasilkan suhu panas tinggi seperti device MOD sub Ohm yang memiliki pengaturan daya dengan tingkat tinggi. Dengan materialnya yang terbuat dari kaca yang memiliki sifat tidak memberikan rasa pada media apapun, maka dari itu kamu dapat menikmati keunggulannya dalam menjaga kemurnian rasa dari liquid tanpa kontaminasi rasa dari drip tip itu sendiri. 

3. Drip Tip Resin

Dari semua jenis drip tip yang ada, drip tip jenis resin ini adalah jenis yang paling memperhatikan estetika design. Kamu dapat menemukan berbagai warna, motif, dan desain yang beragam untuk memberikan tampilan mewah dan unik pada device vape. Selain faktor estetika, drip tip resin juga memiliki berbagai varian dan kemampuan isolasi panas yang baik sehingga nyaman digunakan oleh pengguna.

4. Drip Tip Delrin

Drip tip delrin termasuk ke dalam jenis drip tip yang digunakan untuk vape berdaya tinggi karena kemampuannya yang dapat menahan panas dengan maksimal. Meski drip tip delrin memiliki bahan material yang terbuat dari plastik teknis, namun tak perlu khawatir. Jenis plastik ini memiliki sifat tahan panas yang cukup kuat. Kemampuannya yang tahan panas pun mempengaruhi rasa pada liquid secara konsisten tanpa mengubah rasa.

5. Drip Tip Hybrid

Sesuai dengan namanya, drip tip ini menggabungkan kedua komponen antara drip tip dan top cap menjadi sebuah kesatuan. Gabungan ini memberikan efek pada rasa, aliran udara, dan produksi uap yang lebih melimpah dibandingkan dengan drip tip biasa. Bagi kamu yang gemar mengeksplorasi rasa dan gaya vaping yang beragam jenis ini tentu cocok untuk kamu.

6. Drip Tip 810

Drip tip jenis ini memiliki keunggulan pada diameter lubang yang besar yaitu sekitar 12.5 mm yang akan memberikan aliran udara yang lebih banyak dan bebas sehingga produksi uap yang dihasilkan pun akan lebih banyak. Drip tip ini tentu cocok digunakan pada atomizer berukuran besar sehingga produksi uap lebih melimpah. Selain tentu karena tahan panas, material dalam pembuatan drip tip ini menggunakan resin yang memberikan kesan elegan dan mewah dengan berbagai macam warna yang menarik.

7. Drip Tip 510

Drip tip jenis ini biasanya yang paling banyak digunakan oleh para pengguna vape. Memiliki diameter sekitar 8.5 mm yang cocok di hampir segala jenis atomizer. Keunggulan yang dapat kamu nikmati jika menggunakan drip tip 510 yaitu dapat menemukannya dengan berbagai jenis, warna, hingga material yang berbeda loh vapers! Ditambah dengan aliran udaranya yang cukup besar dan luas memberikan kenyamanan saat vaping.

8. Drip Tip Wide Bore

Bagi kamu yang mencari eksperimen vaping dengan hasil uap yang lebih banyak, maka drip tip wide bore adalah jawabannya. Dengan lubang dan aliran udara yang besar memudahkan udara mengalir dengan leluasa sehingga menghasilkan uap yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan drip tip standar. Material yang digunakan juga tentu terbuat dari bahan yang tahan panas seperti delrin ataupun stainless steel.

Pentingnya memilih Drip Tip dalam Vaping

Bagian kecil pada perangkat vape yang terlihat sepele ini tentu diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu. Drip tip memiliki fungsi yang tak kalah banyak seperti komponen-komponen vape lainnya seperti:

1. Mencegah tetesan / muncratan liquid

Drip tip dengan jenis tertentu drip tip memiliki keunggulan yang akan membantu melindungi mulut pengguna vape dari tetesan atau muncratan liquid ketika sedang dihirup

2. Pengontrol aliran udara

Pada beberapa jenis drip tip, komponen ini memungkinkan kamu untuk dapat mengatur seberapa banyak uap vape yang ingin kamu keluarkan saat menghisapnya.

3. Kenyamanan 

Bayangkan jika kamu tidak mempunyai drip tip dan menghisap vape langsung pada atomizer. Tentu rasanya tak nyaman dan berbahaya bukan? Disinilah pentingnya drip tip agar kegiatan vaping mu lebih nyaman.

4. Seni estetika

Seperti yang sebelumnya disampaikan, bahwa drip tip sendiri memiliki berbagai macam jenis. Mulai dari warna, ukuran, hingga bentuk yang beragam membuat pengguna vape lebih leluasa dalam berekspresi dalam kegiatan vaping

Nah itu dia pembahasan mengenai jenis-jenis drip tip beserta fungsinya. Selagi nyaman dan sesuai selera, kamu dapat memilih jenis drip tip sesuai keinginan dan jenis device yang kamu miliki. Tak lupa juga lengkapi dengan liquid enak dari Hexjuice yang memiliki rasa yang konsisten dan berkualitas dengan berbagai varian rasa yang enak membuat kegiatan vaping mu dengan semua jenis drip tip akan selalu menyenangkan. Semoga membantu!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.