Apa itu Vape Tongue? Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

pengertian, penyebab dan cara mengatasi vape tongue

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Vapers, pernah mendengar istilah vape tongue sebelumnya? Sebagian di antara kamu mungkin saja masih awam dengan istilah yang satu ini, walaupun mungkin sudah ada yang mengetahuinya. Apa sih vape tongue itu, bagaimana penyebab dan cara mengatasinya? Pada artikel ini Hexjuice bakal memberikan ulasan lengkapnya. Check This out!

Pengertian Vape Tongue

Vape tongue merupakan sebuah fenomena yang kerap dirasakan oleh para pengguna vape berupa ‘mati rasa’. Saat vapers merasakannya mereka akan kehilangan kemampuan merasakan rasa dari e-liquid atau e-juice yang sedang digunakan. Alhasil hal ini menyebabkan kamu kurang bisa menikmati sensasi dan experience ketika vaping. 

Pada akhirnya vape tongue membuat indera perasa dan penciumanmu jadi tidak sensitif dan bahkan mati rasa. Memang hal ini terjadi karena disebabkan beberapa hal. Supaya kamu bisa mengatasinya apabila suatu waktu merasakannya, yuk ketahui penyebab vape tongue secara lebih rinci.

5 Penyebab Vape Tongue

Berikut ini beberapa penyebab vape tongue yang bisa kamu ketahui.

1. Terus Menggunakan E-Liquid dengan Varian Rasa yang Sama

Seseorang yang mengalami vape tongue bisa jadi disebabkan karena dia terus menggunakan e-liquid yang sama secara terus menerus dalam satu waktu. Hal itu lah yang kemudian menyebabkan indera perasa dan penciuman menjadi kehilangan fungsinya. Oleh karena itu, lebih baik untuk mencoba varian e-liquid yang lain juga ya vapers supaya tidak mengalami vape tongue. 

2. Dehidrasi

Percaya tidak percaya, dehidrasi juga bisa jadi penyebab vape tongue loh. Jika kamu kurang cairan, sedangkan vaping jalan terus, yang ada malah lidah jadi kurang bisa berfungsi dengan baik. 

3. Konsumsi Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga bisa membuat lidah mati rasa saat vaping. Minum kopi tidak dilarang kok, tapi tetap perhatikan kuantitas hariannya ya, jangan sampai malah berlebihan dan menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

4. Merokok

Selain konsumsi kafein, rokok juga bisa membuat lidah kamu mati rasa saat menikmati vape. Merokok kerap kali jadi triggered yang merusak indera penciuman dan kemampuan mencicipi rasa. Jadi, merokoklah dengan bijak ya, vapers!

5. Stress

Usahakanlah untuk menikmati hidup yang tengah berjalan saat ini. Jangan terlalu memikirkan hal tidak penting, sehingga membuat kamu jadi stres. Stres berlebihan rupanya bisa menyebabkan vape tongue loh.  

5 Cara Mengatasi Vape Tongue agar Vaping Lebih Nyaman

Ini dia mengatasi vape tongue supaya vaping bisa tetap nyaman dilakukan.

1. Pastikanlah Kebutuhan Air Terpenuhi

Jangan sampai kekurangan cairan setiap harinya. Dalam sehari, tubuh kita membutuhkan setidaknya 7 gelas air atau 3,5 liter. Jadi, cukup penuhi asupan cairan harian supaya kamu tidak terjebak lama-lama dengan vape tongue.

2. Berhenti Sementara dari Vaping

Tak perlu terlalu terikat dengan vaping. Saat mengalami vape tongue, rasanya pasti frustasi, akan tetapi cobalah fokus pada hal lain. Istirahatkan dirimu dari vape selama beberapa hari, setelahnya silahkan kembali mencobanya ketika sudah membaik. 

3. Kurangi atau Hindari Konsumsi Kafein

Sesekali, mencium aroma yang kuat dapat menyegarkan hidung kita loh, dan juga dapat meningkatkan pengalaman vaping untuk sementara waktu. Tapi, jangan terlalu bergantung pada kafein ya, karena tidak akan mengatasi masalah vape tongue yang dialami.

4. Bersihkan Lidah

Merawat kebersihan itu mulut penting bagi kesehatan secara keseluruhan, tak terkecuali saat mengalami vape tongue. Cobalah untuk rutin membersihkan lidah dengan mouthwash, meskipun efeknya mungkin baru akan terasa setelah beberapa hari penggunaan teratur.

5. Ganti E-Liquid

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi vape tongue adalah dengan mengganti e-liquid yang kamu gunakan. Kamu mungkin sudah terlalu nyaman dengan liquid kesayanganmu itu, tapi ada banyak varian rasa e-liquid yang patut kamu coba loh. 

Hexjuice sendiri mempunya berbagai varian rasa e-liquid yang rasanya menyegarkan. Info lebih lanjut terkait varian rasa lengkapnya bisa cek di bawah ini ya! 

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.