Bahas Tuntas Apakah Liquid Bisa Kadaluarsa

liquid kadaluarsa

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Beberapa dari kalian yang baru memulai ngevape atau sudah memakai vape sering bertanya apakah liquid bisa kadaluarsa. Jika kalian pernah saat sedang nge-vape merasakan liquid yang kalian pakai rasanya sudah berubah atau produksi uapnya berkurang, bisa jadi itu tanda liquid kadaluarsa.

Selain rasa yang berubah, adapun beberapa tanda liquid kamu sudah kadaluarsa. Apa saja ya ciri-ciri liquid sudah kadaluarsa? Yuk, disimak pada artikel berikut.

Apakah Liquid ada Kadaluarsanya?

Setiap barang yang kita pakai pasti ada kadaluarsanya, termasuk liquid. Umumnya jika liquid belum dibuka masa bertahannya bisa sampai 2 tahun sejak tanggal produksi. Akan tetapi masa kadaluarsa liquid kembali lagi pada produsen liquid.

Lalu, berbeda lagi dengan masa kadaluarsa untuk liquid yang sudah dibuka. Berapa lama liquid bisa bertahan jika sudah dibuka? Jika liquid sudah dibuka makan masa bertahannya tidak sampai 1 tahun.

Liquid yang sudah kontak dengan udara biasanya bertahan sekitar 3 sampai 6 bulan. Hal ini dikarenakan saat sudah dibuka maka liquid bisa cepat kadaluarsa dan teroksidasi.

Maka dari itu, liquid yang sudah dibuka dan digunakan sebaiknya dihabiskan kurang dari 6 bulan untuk menghindari liquid terbuang karena kadaluarsa.

7 Ciri-Ciri Liquid Kadaluarsa

Lalu, seperti apa ya ciri-ciri liquid yang sudah kadaluarsa? Berikut beberapa tanda kalau liquid yang kamu gunakan sudah kadaluarsa.

1. Rasa Liquid Berubah

Salah satu tanda liquid yang sudah kadaluarsa adalah terjadinya perubahan rasa pada liquid. Biasanya rasa liquid yang sudah kadaluarsa perlahan akan menghilang bahkan rasanya bisa berubah tidak sesuai dengan rasa sebelumnya. Selain itu perlahan rasa liquid akan menjadi hambar.

2. Warna Liquid Berubah

Warna yang berubah bisa menjadi salah satu tanda liquid sudah kadaluarsa. Jika awalnya liquid berwarna bening lalu berubah warnanya menjadi lebih gelap atau keruh, itu bisa jadi tanda liquid sudah kadaluarsa. Hal ini disebabkan oleh bahan-bahan pada liquid sudah mengalami penurunan kualitasnya.

3. Sensasi Nikotin Berkurang

Nikotin pada liquid jika sudah mulai kadaluarsa makan akan berkurang. Biasanya saat vaping nikotin akan langsung terasa, akan tetapi jika sudah kadaluarsa nikotin akan mulai hilang.

4. Perubahan Aroma Pada Liquid

Liquid kamu berbau aneh atau tengik? Normalnya, bau liquid akan sama seperti rasa yang tertera pada kemasan. Akan tetapi jika liquid kamu baunya sudah berubah menjadi aneh bahkan berbau tengik maka itu menjadi tanda bahwa liquid sudah kadaluarsa. Baiknya, liquid yang sudah kadaluarsa tidak usah digunakan lagi.

5. Adanya Endapan Pada Botol

Tanda lain liquid kamu sudah kadaluarsa adalah adanya endapan pada botol. Endapan ini menjadi tanda bahwa partikel-partikel pada liquid sudah terpisah dan terurai menjadi tanda bahwa liquid sudah kadaluarsa.

6. Perubahan Produksi Uap

Berkurangnya produksi uap saat menggunakan liquid juga menjadi tanda liquid kamu memasuki masa kadaluarsa. Biasanya uap tersebut akan berkurang bahkan sampai tidak menghasilkan uap sama sekali.

7. Kebocoran pada Botol Liquid

Botol liquid kamu mengalami kebocoran, padahal sudah ditaruh dengan benar? Bisa jadi itu tanda bahwa liquid kamu sudah kadaluarsa.

Sekarang, kamu sudah tahukan apakah liquid bisa kadaluarsa dan bagaimana ciri-ciri liquid yang sudah kadaluarsa. Ada baiknya untuk menghindari menggunakan liquid yang sudah kadaluarsa dan memperhatikan keterangan pada kemasan.

Jika kalian sedang mencari liquid maupun device, kalian bisa cek produk-produk dari Hexjuice. Hexjuice menyediakan liquid dan device yang berkualitas dan aman untuk digunakan. Produk-produknya bisa kalian cek di shop atau di bawah ini ya!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Subtotal: Rp620.000

View cartCheckout