Begini 4 Cara Melihat Kadaluarsa Liquid, Gampang Banget!

cara melihat kadaluarsa liquid mulai dari kemasan hingga ciri produknya

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Liquid merupakan komponen penting agar vapers bisa menikmati sensasi vaping. Namun, tahukah kamu bahwa liquid juga memiliki masa kadaluarsa? Ada beberapa cara melihat kadaluarsa liquid yang bisa dilakukan. Ketahuilah kalau menggunakan liquid yang sudah kadaluarsa tidak akan memberikan rasa yang optimal, dan juga membahayakan kesehatan. Ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Cara Melihat Kadaluarsa Liquid

1. Lihat Pita Cukai

Cara melihat kadaluarsa liquid yang pertama adalah dengan melihat bagian pita cukai. Pita cukai pada liquid tidak hanya berfungsi sebagai bukti keaslian produk, akan tetapi juga mencantumkan tanggal produksi dan kadaluarsa. Perhatikanlah tanggal yang tertera pada pita cukai, yang biasanya ditulis dalam format DD/MM/YYYY.

2. Lihat Tanggal Produksi pada Kemasan

Beberapa produsen liquid mencantumkan tanggal produksi pada kemasan liquid. Tanggal ini umumnya terletak di bagian bawah atau samping kemasan. Umur simpan liquid sendiri berkisar antara 1 hingga 2 tahun setelah tanggal produksi. Meski begitu, kamu sebaiknya selalu merujuk pada informasi yang diberikan oleh produsen terkait dengan umur simpan liquid tersebut ya, vapers.

3. Lihat Expired Date pada Kemasan

Expired date atau tanggal kadaluarsa merupakan cara melihat kadaluarsa liquid paling mudah. Expired date biasanya ditulis dengan jelas pada kemasan liquid, baik di bagian depan, samping, maupun di bagian bawah.

4. Kenali Ciri-Ciri E-Liquid Kadaluarsa

Selain cara-cara di atas, cara melihat kadaluarsa liquid bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Perubahan warna: E-liquid yang masih baru biasanya memiliki warna yang bening atau sesuai dengan rasa yang terdapat pada liquid. Jika liquid berubah warna menjadi lebih gelap, keruh, atau kusam, kemungkinan besar liquid tersebut sudah kadaluarsa.
  • Perubahan rasa: E-liquid yang kadaluarsa biasanya memiliki rasa yang tidak enak atau pahit. Hal ini disebabkan oleh bahan-bahan pada liquid yang sudah mengalami penurunan kualitas.
  • Perubahan aroma: E-liquid yang kadaluarsa biasanya memiliki aroma yang tidak sedap atau bahkan berbau busuk.
  • Perubahan tekstur: E-liquid yang kadaluarsa biasanya menjadi lebih kental atau lengket.

Tips Menjaga Liquid agar Awet

1. Simpan Liquid di Tempat yang Benar

Simpanlah liquid di area yang sejuk, kering,dan terhindar dari sinar matahari langsung. Paparan panas dan sinar matahari dapat mempercepat proses degradasi nikotin dan perasa dalam liquid, sehingga mempengaruhi rasa dan aromanya.

2. Hindari Paparan Udara

Saat mengisi ulang vape, usahakan untuk meminimalisir paparan udara pada liquid. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan pipet atau spuit saat mengisi ulang tank. Hindari menuangkan liquid langsung dari botol ke tank, karena hal ini akan memungkinkan udara masuk ke dalam liquid.

3. Jangan Mencampur Liquid dengan Bahan Lain

Mencampur liquid dengan bahan lain, seperti air atau alkohol, hanya akan merusak rasa dan aromanya. Selain itu, mencampur liquid dengan bahan lain dapat berdampak negatif pada kesehatan.

4. Belilah Liquid Sesuai Kebutuhan

Jangan membeli liquid terlalu banyak, karena hal ini dapat menyebabkan liquid menjadi kadaluarsa sebelum kamu menggunakannya. Belilah liquid secukupnya dan jika memang sudah habis, jangan menimbun hanya karena godaan diskon dan promo lainnya.

Demikian informasi terkait cara melihat kadaluarsa liquid dan menerapkan tips-tips yang mungkin bisa bermanfaat buat vapers. Kalau vapers berencana membeli liquid baru karena yang lama sudah mau habis, jangan lupa membelinya di Hexjuice ya. Ada banyak varian rasa liquid yang dapat kamu nikmati. Once again, ingat bahwa memakai liquid yang kadaluarsa dapat membahayakan kesehatan. Jadi, lebih baik buang liquid tersebut daripada harus menanggung risikonya ya!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Subtotal: Rp235.000

View cartCheckout