5 Perbedaan Liquid Salt Nic dan Freebase, Biar Kamu Nggak Bingung!

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Untuk kalian vapers lama maupun yang baru saja beralih menggunakan vape pasti tahu atau pernah memakai liquid freebase dan liquid salt nic. Tapi apa kalian tahu perbedaan kedua liquid tersebut.

Pada beberapa artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai liquid salt nic dan liquid freebase, kali ini kita akan membahas perbedaan dari kedua jenis liquid tersebut. Penasaran? Yuk disimak pada artikel dibawah ini!

Perbedaan Liquid Salt Nic dan Freebase, Kamu Udah Tahu Belum?

1. Proses Pengolahan

Liquid freebase merupakan nikotin yang paling murni. Nikotin pada liquid freebase diolah dengan menghilangkan bahan kimia dan proton, sehingga membuat nikotin pada liquid freebase menjadi paling murni. Liquid freebase tidak ditambahkan apapun kecuali PG, VG dan Flavor untuk bahan liquid freebase. 

Sementara pada pembuatan liquid salt nic, nikotin yang sangat basa diolah dan ditambahkan dengan bahan lainnya. Penambahan asam saat pembuatan liquid salt nic menjadikan liquid jenis ini memiliki sifat kurang basa. Pencampuran ini emberikan efek throat hit yang menjadi lebih halus dan penyerapan nikotin menjadi lebih cepat.

2. Kandungan Nikotin

Besarnya kandungan nikotin pada liquid salt nic maupun freebase berbeda. Umumnya, liquid salt nic mengandung 25 mg – 50 mg nikotin. Sementara nikotin pada liquid freebase berkisar 1 mg – 20 mg, adapun liquid freebase yang tidak mengandung nikotin. Akan tetapi semua ini kembali lagi pada produsen masing-masing liquid dalam menentukkan jenis liquid yang mereka buat berdasarkan kandungan nikotin.

3. Sensasi Throat Hit

Masing-masing jenis liquid, menghasilkan sensasi throat hit yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh proses pengolahan dan kandungan nikotin pada liquid. Liquid freebase memberikan sensai throat hit yang lebih nendang dan agak kurang nyaman di tenggorokan.

Throat hit yang lebih kuat ini disebabkan oleh proses pengolahan nikotin pada liquid freebase dengan menghilangkan bahan kimia dan proton dari nikotin yang terjadi secara alami. Sehingga memberikan efek throat hit yang lebih nendang dan kuat saat vaping menggunakan freebase.

Sementara, liquid salt nic memberikan efek throat hit yang lebih halus dan nyaman. Nikotin yang digunakan pada pembuatan salt nic merupakan nikotin yang sangat basa. Dimana saat proses pembuatannya telah dicampur dengan asam, sehingga melalui percampuran ini nikotin menjadi kurang basa. Sehingga throat hit berkurang dan lebih nyaman saat digunakan.

Jika kalian mencari throat hit yang nendang, maka kalian bisa memilih liquid freebase. Sebaliknya kalian bisa memilih liquid salt nic jika ingin liquid dengan throat hit yang nyaman dan pas ya!

4. Kecepatan Penyerapan Nikotin

Kalian tau nggak sih kalau tingkat penyerapan nikotin pada liquid salt nic dan freebase berbeda?

Salt nic memiliki tingkat penyerapan nikotin yang cepat, sehingga peredaran nikotin pada darah dapat disalurkan dengan lebih efektif. Penyerapan yang cepat ini membuat kebutuhan nikotin harian kamu lebih cepat terpenuhi.

Sementara jika kalian adalah Cloud Seeker dan tidak mementingkan kebutuhan nikotin harian, kalian bisa memilih liquid freebase. Liquid freebase menghasilkan uap yang banyak akan tetapi tingkat penyerapan nikotin dalam darah cenderung lambat. Sehingga kurang cocok untuk kalian yang baru beralih dari rokok ataupun nicotine seeker karena freebase tidak terlalu efektif untuk memenuhi kebutuhan nikotin harian kalian.

5. Flavor saat Puffing

Masing-masing jenis liquid menghasilkan flavor saat puffing. Baik liquid freebase dan liquid salt nic menghasilkan sensasi rasa yang berbeda.

Jika kalian mencari flavor yang kuat dan kompleks saat vaping, maka liquid freebase bisa dijadikan pilihan. Liquid freebase lebih baik saat menghantarkan flavor pada liquid, terutama flavor yang kompleks seperti rasa permen ataupun cemilan. Liquid freebase lebih baik digunakan jika kalian lebih mementingkan flavor dan uap yang banyak.

Sementara liquid salt nic kurang cocok jika kalian mengutamakan kebutuhan nikotin. Liquid salt nic memiliki flavor yang terbatas dikarenakan tujuan dibuatnya liquid salt nic adalah kebutuhan nikotin. Selain itu, umumnya liquid salt nic hanya bisa digunakan pada perangkat pod yang memiliki keterbatasan pada daya dan kapasitas tank sehingga tidak terlalu cocok untuk menghasilkan flavor yang intens.

Sekarang kamu udah tahukan apa perbedaan antara liquid freebase dan liquid salt nic? Biar kamu nggak tambah bingung, kamu bisa langsung mencoba kedua liquid ini. Hexjuice memiliki beberapa liquid dengan jenis freebase dan salt nic. Apa aja sih produk-produknya? Kamu bisa lihat dibawah ini atau klik disini ya!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.