Apa itu PG dan VG pada Liquid Vape?

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Saat memilih liquid, pasti sering sekali melihat kandungan PG dan VG pada kemasan liquid. PG (Propylene Glycol) dan VG (Vegetable Glycerin) merupakan bahan utama yang penting dalam liquid. Dikarenakan kedua bahan tersebut merupakan penentu dalam memberikan sensasi dan pengalaman vaping yang diinginkan.

Lalu, apa sih sebenarnya PG dan VG pada vape? Serta mengapa kandungan tersebut menjadi penting saat memilih liquid yang akan digunakan? Berikut kami akan membahas mengenai apa itu PG dan VG.

Pengertian PG dan VG

PG (Propylene Glycol)

Propylene Glycol atau disingkat PG adalah salah satu bahan utama yang digunakan dalam pembuatan liquid baik untuk freebase ataupun salt nic. PG sudah umum digunakan untuk berbagai produk mulai dari kosmetik, makanan, dan minuman. PG berfungsi sebagai pelarut dan pembawa rasa.

Kandungan PG memberi efek rasa nikotin yang kuat, throat hit lebih kencang dan uap yang lebih sedikit. Liquid dengan kandungan PG yang lebih banyak cocok untuk vapers yang menginginkan sensasi nge-vape yang mirip dengan rokok konvensional.

Selain itu, PG berfungsi sebagai bahan pengencer untuk mengurangi konsentrasi nikotin dan kelembaban pada liquid. Sehingga dapat menghasilkan uap pada saat menghantarkan panas pada coil vape.

VG (Vegetable Glycerin

Vegetable Glycerin atau VG adalah bahan utama lainnya yang digunakan dalam pembuatan liquid. VG terbuat dari turunan minyak nabati, seperti minyak kelapa atau minyak sawit.

Pada liquid, VG berfungsi untuk menghasilkan uap yang banyak dengan rasa manis yang kuat serta throat hit yang halus di tenggorokan. Jika kamu menginginkan liquid dengan uap yang banyak, rasa yang pekat serta mengesampingkan rasa nikotin, liquid dengan kandungan VG yang lebih tinggi dapat menjadi pilihan.

Walaupun kandungan VG yang tinggi membuat liquid lebih mudah saat diteteskan pada coil vape dikarenakan konsistensi yang kental dan lengket, akan tetapi hal tersebut menyebabkan kesulitan untuk penyerapan pada coil vape.

Apa Kandungan PG dan VG berpengaruh dalam pengalaman vaping?

Kandungan PG dan VG dapat mempengaruhi pengalaman vaping yaitu dari segi rasa, produksi uap, throat hit, dan sensasi saat vaping. Akan tetapi ini semua kembali lagi dengan masing-masing produk liquid.

Seperti yang sudah dibahasa sebelumnya, perbedaan kandungan antara PG dan VG memberi pengalaman yang berbeda juga. Jika kamu menginginkan sensasi ngevape dengan nikotin yang kuat seperti merokok maka pilihlah liquid dengan kadar PG lebih tinggi. Sebaliknya, jika kamu ingin merasakan manis dengan asap yang lebih banyak maka VG menjadi pilihan yang tepat.

 

Oh iya, Hexjuice punya beberapa produk liquid yang pas banget untuk kamu vapers baru atau pemula yang baru mulai nge-vape. Tersedia dengan berbagai macam perbandingan PG dan VG yang dapat disesuaikan dengan preferensi yang kamu miliki. Produk-produknya bisa kamu cek di bawah ini ya!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Subtotal: Rp140.000

View cartCheckout