Jenis MOD Vape yang Harus Kamu Tahu, Jangan Salah Pilih!

jenis mod vape

Disclaimer: Dilarang menyalin sebagian maupun seluruhnya dari konten artikel ini tanpa sepengetahuan dan seizin penulis/admin. Untuk keperluan konten silahkan kirimkan email ke hexjuice.seo@gmail.com

Vapers, pasti kalian sudah tahu dengan jenis device vape satu ini, yaitu mod. Mod adalah device yang memiliki ukuran besar dan berbentuk kotak maupun tabung. Selain itu, mod dikenal dengan device yang memiliki banyak bagian atau komponen yang membuatnya membutuhkan perawatan yang cukup teknikal. 

Device ini sangat cocok untuk orang-orang yang sudah lama vaping, mengingat mod memerlukan perawatan yang teknikal. Namun bagi para vapers pemula yang ingin menggunakan mod, kalian harus memperhatikan jenis mod mana yang tepat. 

Ada beberapa jenis mod vape yang bisa kamu pilih, seperti mechanical mod, temperature control, variable wattage mod, dan squonk mod. Yuk! Simak pembahasan terkait jenis mod vape di bawah ini.

Baca juga: 5 Jenis Vape yang Banyak Digunakan, Punya Kamu Termasuk Nggak Nih?

Mechanical Mod

Apa itu mechanical mod? Mechanical mod, atau yang biasa disebut mech mod, adalah jenis mod vape yang paling berbeda dibandingkan dengan yang lainnya karena tidak menggunakan komponen elektronik untuk firing. Mech mod beroperasi berdasarkan prinsip dasar elektronika dan hukum Ohm, yang digunakan untuk mengatur daya dari atomizer yang terpasang.

Menggunakan mech mod memerlukan pengetahuan dan keterampilan tertentu, seperti memahami konsep hukum Ohm, memilih baterai yang tepat, serta memilih coil dengan resistance yang tepat. Mod ini diaktifkan dengan menekan satu tombol api yang biasanya terletak di bagian bawah atau samping devicenya. Oleh karena itu, jenis mod vape ini lebih cocok untuk vapers yang sudah berpengalaman.

Meskipun terlihat cukup rumit, jenis mod vape ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu pengguna dapat memodifikasi perangkat mereka sesuai dengan preferensi pribadi. Namun, vapers tetap harus memperhatikan faktor keamanan saat menggunakan mech mod ini!

Temperature control

Temperature Control (TC) adalah inovasi dari fitur chip terbaru yang ada di electrical mod. TC bisa menjadi solusi untuk mengurangi dampak buruk akibat Dry Hit (sensasi rasa gosong yang disebabkan oleh kapas yang terbakar sehingga menimbulkan rasa gosong), serta menjaga suhu coil tetap aman atau tidak terlalu panas. 

Bagi kamu, vapers yang sudah berpengalaman, kamu pasti sudah tidak asing dengan resistance. Kamu tahu ada coil di dalam tangki atau atomizer yang memiliki resistance — jika kamu menggunakan mod yang bisa diatur (regulated mod) — ditampilkan di layar secara umum dengan tanda “Ω”. 

Pada mod TC, kamu bisa mengontrol dan menyesuaikan suhu coil sesuai dengan keinginan mu. Akan tetapi, ketika kamu memilih coil untuk mod TC, kamu harus menggunakan kawat yang terbuat dari bahan yang memiliki perubahan resistance saat kawat tersebut memanas. Sebelum kamu mulai vaping, mod kamu akan mengukur suhu dari resistance coil saat berada dalam keadaan normal – saat coil belum digunakan untuk vaping. 

Lalu, saat kamu vaping, mod akan terus mengukur resistance coil secara real-time. Ketika resistance meningkat, maka mod akan mendeteksi bahwa coil menjadi lebih panas, dan pada saat itu mod akan menyesuaikan daya yang digunakan untuk mempertahankan suhu yang sudah kamu pilih. 

Vaping dengan Temperature Control bisa menjadi pengalaman yang luar biasa karena memberikan keamanan konsistensi yang sering kali tidak dimiliki oleh wattage vaping. 

Variable Wattage mod

Variable wattage (VW) adalah mod yang bisa kamu atur sendiri watt (daya) – yang dialirkan ke coil – lebih tinggi atau lebih rendah sesuai keinginan mu. Ketika kamu mengubah watt, maka suhu coil juga akan berubah. Jika watt yang kamu atur lebih tinggi maka akan membuat coil menjadi lebih panas, begitupun sebaliknya, jika watt yang kamu atur lebih rendah maka membuat coil lebih dingin.  Hal ini lah yang akan mempengaruhi rasa, uap yang dihasilkan, dan sensasi yang akan kamu rasakan di tenggorokan saat vaping. 

VW menggunakan chip yang canggih untuk mengenali resistance coil. Ketika kamu menggunakan watt yang kamu inginkan, maka chip akan otomatis menghitung tegangan yang dibutuhkan untuk mencapai watt tersebut berdasarkan resistance coil yang tepat. Hal ini yang membuat mod VW sangat mudah dan nyaman ketika digunakan. 

Untuk menemukan wattage yang tepat untuk coil mu, kamu bisa melihatnya pada kemasan untuk range wattage yang direkomendasikan dan kamu bisa mulai mengatur mod mu pada watt yang lebih rendah dari range yang direkomendasikan. Kemudian, secara bertahap kamu bisa meningkatkan wattage-nya sesuai dengan keinginan mu. Namun, kamu harus tetap berhati-hati ketika mengaturnya, agar tidak menyebabkan uap terasa hangus atau terbakar. 

Squonk Mod

Squonk mod adalah mod yang dirancang untuk memudahkan proses pemindahan e-liquid ke coil, tanpa perlu meneteskan cairan secara manual. Jadi squonk mod adalah mod yang terdapat baterai dan botol pemerasan e-liquid berada dalam satu casing. Dengan squonk mod, e-liquid disimpan dalam reservoir (wadah khusus untuk menyimpan e-liquid) di dalam mod dan  dipompa ke coil dengan cara menekan reservoir. Tekanan itu membuat e-liquid keluar dan menuju coil.

Mod ini berbentuk kotak dan memiliki lubang kecil di bagian samping atau bawah yang disebut Squonk Hole. Jika kamu menekan lubang tersebut untuk memompa e-liquid dari reservoir ke atomizer sampai membasahi wick. Namun, ketika kamu melepas tekanan pada lubang tersebut, maka e-liquid yang berlebihan akan menetes kembali ke botol. 

Rekomendasi Liquid yang Cocok untuk Mod

1. Kiwi Berry

Strawberry manis dengan kiwi yang sedikit masam dan rasa dingin yang sejuk membuat rasa yang unik. Sangat cocok untuk segala aktivitas yang Anda lakukan setiap hari. .

2. Black Dew

Bagaimana rasa blackcurrant yang segar dan rasa melon yang manis dikombinasikan dengan rasa dingin ICEBERG? Pengalaman rasa yang menyegarkan dan menyegarkan dari jus buah yang manis adalah solusinya.

3. Mango Salsa

Kesegaran nanas dan sensasi dingin yang sejuk dikombinasikan dengan manisnya mangga matang favorit Anda menghasilkan kombinasi rasa yang membuat Anda merasa seperti berada di hutan tropis. Tenangkan harimu dengan hangat dan santai

4. Apple Peach

Pasti akan membuat hari-harimu lebih menarik dengan rasa apel yang renyah dan manis dikombinasikan dengan rasa peach yang unik dan dingin. Ini adalah hal yang selalu diantisipasi. Segerin sekali lagi!

5. Cash Sabino Fried Cookies

Rasa kukis mentega goreng yang hangat dan renyah yang baru keluar dari oven. Rasa butter yang lembut dengan sedikit manis

6. Cash Sonoran Strawberry 

Kombinasi rasa yang kaya yang terdiri dari rasa strawberry yang manis, pisang yang lembut, dan meringue, dan sensasi cheese graham crumbs yang gurih.

Itu dia pembahasan tentang jenis mod vape yang harus kamu ketahui agar kamu gak salah pilih beli. Dalam memilih jenis mod vape yang tepat, harus disesuaikan dengan pengalaman dan kebutuhan vaping kamu. Tapi yang pasti kamu juga gak boleh salah pilih e-liquid yang tepat, bukan? Supaya kamu gak salah pilih kamu bisa coba rekomendasi liquid dari Hexjuice yang cocok untuk mod, loh! Jangan salah pilih ya, Vapers!

Share this post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.